Hukum Berwudhu dan Membaca Bismillah di Kamar Mandi

By. Dewi Savitri - 25 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Berwudhu adalah salah satu ibadah penting dalam Islam yang harus dilakukan sebelum menjalankan shalat atau menyentuh Al-Quran. Ada sebuah, pertanyaan sering muncul mengenai hukum berwudhu di kamar mandi. Dalam artikel kali ini, kita akan mengulas pandangan ulama terkemuka seperti Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz yang ikutip dari laman dalam islam, terkait dengan hukum berwudhu di kamar mandi serta apakah membaca "Bismillah" di awal wudhu dianggap wajib atau sunnah.

 

Baca Juga:Wudhu saat Menggunakan Makeup? Ini Dia Hukumnya

 

Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah dalam pandangannya menyatakan bahwa tidak ada masalah dalam berwudhu di dalam kamar mandi, terutama jika ada keperluan yang membutuhkan berwudhu di sana. Dia berpendapat bahwa membaca "Bismillah" di awal wudhu adalah suatu kewajiban menurut sebagian ulama, meskipun ada juga pendapat yang menganggapnya sebagai sunnah mu'akkadah (sunnah yang sangat ditekankan). Oleh karena itu, walaupun berwudhu di kamar mandi, "Bismillah" tetap harus dibaca dan tindakan ini tidak akan dianggap makruh (terlarang), karena larangan tersebut tidak berlaku saat ada kebutuhan.

 

Pandangan ini juga dikuatkan oleh fatwa dari IslamWeb, yang menyatakan bahwa secara hukum tidak ada larangan khusus untuk berwudhu di kamar mandi. Namun, disarankan untuk tidak berwudhu di kamar mandi karena di dalamnya makruh (tidak disarankan) untuk berdzikir kepada Allah. Mayoritas ulama berpendapat bahwa membaca "Bismillah" di awal wudhu adalah sunnah, tetapi ada juga pendapat yang menganggapnya sebagai wajib. Oleh karena itu, pandangan ini menjadi dasar mengapa berwudhu di kamar mandi dianggap makruh oleh sebagian ulama, berkaitan dengan masalah membaca "Bismillah". Bagi yang menganggap membaca "Bismillah" di awal wudhu sebagai sunnah, tidak ada masalah dalam melakukannya di kamar mandi.

 

Baca Juga: 5 Prinsip Dagang ala Rasul yang Wajib Kamu Coba

 

Namun, jika kamar mandi hanya digunakan untuk berwudhu dan tidak untuk buang air besar atau kecil, maka tidak ada masalah dalam membaca "Bismillah" di awal wudhu di dalamnya. Hal ini karena tempat tersebut bukan lagi tempat menjalankan hajat.

 

Jadi, hukum berwudhu di kamar mandi dalam Islam masih menjadi perdebatan di antara ulama. Namun, mayoritas ulama sepakat bahwa membaca "Bismillah" di awal wudhu adalah sunnah atau wajib. Oleh karena itu, bagi mereka yang menganggapnya sebagai sunnah, berwudhu di kamar mandi tidak menjadi masalah. Namun, bagi yang menganggapnya wajib, lebih baik untuk menghindari berwudhu di kamar mandi agar menghindari potensi yang dianggap makruh.

 

Baca Juga: Permudah Beramal, Ini Dia Hukum Sedekah Online dalam Islam

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp