8 Rekomendasi Study Tour Bali, Wisata Bali Edukatif

By. Darma Taujiharrahman - 24 Feb 2023

Bagikan:
img

batermuritour.com - Hasi sobat BeHappy!!! bagaimana kabarnya sekalian, pasti para pembaca sekalian sudah tidak lagi asing dengan salah satu pulau terindah di Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan adalah pulau Bali.

 

Bali dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Bali sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sunda Kecil bersama dengan Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Pada tahun 1958 Bali resmi menjadi provinsi sendiri dengan ibukota Singaraja.

 

Selain sebagai tujuan pariwisata yang identik dengan pulau-pulaunya yang indah dan terkenal sampe ke antero dunia, ternyata Bali juga memiliki berbagai destinasi edukatif yang cocok untuk digunakan sebagai destinasi atau kunjungan study tour baik untuk anak SD, SMP, SMA bahkan para mahasiswa.

 

Yuk simak rekomendasi dari BeHappty tour tentang 8 rekomendasi destinasi study tour di Bali.

 

#JanganBicaraSurgaDunia, JikaBelumBerkunjungKeBali

 

1. Bali Classic Center

 

Sebagaimana dapat kita fahami dari namanya, destinasi ini merupakan pusat budaya tradisional di provinsi Bali. Pada destinasi ini para pengunjung dapat mempelajari banyak hal tentang kehidupan masyarakat Bali, mulai dari budaya kehidupan hingga tradisi kreasi maupun kesenian yang melimpah.

 

Lokasinya berada di Ubud Bali yang kaya dengan udara segar serta menenangkan. Dengan mengunjungi tempat ini, dijamin para wisatawan dapat merasakan bagaimana menjadi bagian dari masyarakat Bali asli dimana kondisinya yang masih sangat tradisional serta kental dengan budaya khas Bali.

 

2. Tanjung Benoa dan Pulau Penyu

 

Tanjung Benoa merupakan salah satu wisata study tour di Bali yang pasti akan dikunjungi. Tempat Wisata Anak Sekolah di Bali yang satu ini dikenal sebagai lokasi pusat wahana permainan air yang cukup populer.

 

Pengunjung bisa menikmati waktu di tempat ini untuk bermain di air laut dengan macam-macam fasilitas yang ada. Namun tentunya perlu membayar lagi sesuai dengan harga yang disepakati dengan pemilik fasilitas permainan air tersebut.

 

Anda juga bisa menyeberang ke Pulau Penyu untuk melihat penyu serta hewan lainnya yang tinggal di pulau tersebut. Biasanya pengunjung yang tidak terlalu suka bermain air akan lebih memilih menyeerang ke pulau tersebut.

 

3. Desa Panglipuran

 

Ingin melihat desa di Bali yang belum tercemar budaya asing atau luar? Yuk datang ke Desa Penglipuran. Di desa ini tatanan desanya masih terjaga rapi dan sesuai adat yang ada. Pola kehidupan masyarakat disini masih seperti jaman dahulu tanpa adanya budaya asing. Bahkan arsitektur bangunan masih menggunakan khas Bali.

 

Rumah-rumah adat di Desa Penglipuran tertata dengan rapi dan sangat indah untuk dipandang. Kebersihan yang terjaga dengan sangat rapi juga membuat pemandangan segar bahkan menjadi desa terbersih di Bali.

 

4. Kebun Raya Bedugul

 

Destinasi ini adalah objek wisata yang lengkap. Wisata study tour di Bali juga bisa dilakukan di Kebun Raya yang berada di kawasan Bedugul Bali. Kebun Raya yang satu ini sangat besar dan tentunya memiliki koleksi flora yang sangat lengkap.

 

Pengunjung bisa mempelajari aneka jenis tanaman di kebun yang satu ini. Selain itu aneka jenis bunga juga ada di sana. Bahkan bunga anggrek yang langka pun ada di sana. Jika beruntung, mungkin Anda bisa mendapati bunga anggrek yang langka sedang berkembang.

 

Suhu udara di kawasan Bedugul Bali yang sangat sejuk akan membuat Anda betah untuk mengeksplorasi kawasan tersebut. Namun karena kebun raya ini sangat luas, Anda perlu menyesuaikan dengan waktu perjalanan.

 

5. Pasar Seni Sukowati

 

Bukan hanya terkenal karena banyak barang dijual dengan harga sangat murah, namun di Pasar Seni Sukowati juga menyediakan hasil karya khas bali. Tempat ini sangat cocok untuk membeli oleh-oleh khas Pulau Dewata. Anda bisa membeli pakaian, lukisan, kerajinan tangan, aksesoris dan lain sebagainya.

 

Baca juga:

 

Saat berkunjung ke sini jangan lupa untuk menawar, karena pasar tradisional tidak mempunyai harga pas. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan banyak barang tanpa menguras kantong.

 

6. Green School Bali

 

Tempat wisata study tour di Bali berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Green School Bali. Tempat ini adalah sekolah alam yang  benar-benar menakjubkan. Sangat cocok untuk mengajak pelajar ke sana.

 

Karena merupakan sekolah alam, Green School mengusung konsep yang berbeda dengan sekolah lainnya. Mulai dari kawasannya sendiri, berada di kawasan yang hijau dan tentunya sesuai dengan kesan sekolah alam.

 

Selain itu, bangunan sekolah itu sendiri juga tidak jauh dari konsep alam. Dimana bangunan sekolah menggunakan material alami dari bambu. Ruang kelasnya juga tidak memiliki dinding pembatas. Sehingga setiap kegiatan di sana bisa terasa begitu dekat dengan alam.

 

7. Bali Zoo Park

 

Berlibur di kebun binatang memang sangat mengasyikkan. Terlebih lagi dengan banyaknya species yang ada di kebun binatang tersebut seperti di Bali Zoo Park. Wisatawan pasti banyak yang berkunjung, baik hanya untuk melihat saja atau untuk mempelajari berbagai macam species yang ada di dunia. Bali Zoo Park sangat tepat sebagai tempat wisata saat study tour.

 

Kebun binatang dengan konsep modern dan eksekutif ini berada di Gianyar Bali. Wisata yang buka pukul 09.00-17.00 WITA ini bukan hanya menyediakan kebun binatang namun juga wahana air yang mengasyikkan.

 

Sebuah kegiatan study tour memang harusnya lebih mengutamakan edukasi dari pada hiburannya. Selain itu wisata edukasi juga membuat siswa menjadi senang sekaligus belajar banyak hal. Jika Anda ingin merencanakan study tour, rekomendasi diatas pasti sangat membantu dalam menentukan tempat wisata.

 

8. Pantai Pandawa

 

Pantai Pandawa memiliki panorama yang menakjubkan dengan suasana yang tenang dan damai. Saat memasuki kawasan pantai, kita akan dibuat takjub dengan panorama indah tebing tinggi yang mengapit jalan sepanjang 1,5 km.

 

Ketika kita melewati jalan ke Pantai Pandawa, kita akan disuguhi pemandangan pantai berpasir putih yang menakjubkan dengan Samudera Hindia tepat di depannya. Dalam perjalanan turun ke pantai, kita akan menemukan beberapa gua dengan ornamen indah patung batu putih yang terinspirasi dari Panca Pandawa (5 bersaudara pada legenda Mahabaratha).

 

Patung-patung tersebut sangat indah dengan ornamen khas Bali dan menjadi salah satu spot untuk berfoto. Nama Pantai Pandawa diambil dari nama 5 kakak beradik pada zaman Mahabaratha yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Sahadewa dan Nakula. Kisah ini telah menginspirasi kehidupan sosial masyarakat Hindu Bali yang mencerminkan budaya Bali.

 

Berikut tadi tips dari BeHappy tour tentang rekomendasi wisata edukatif di pulau Bali. Bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten wisata lainnya silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com

 

Baca juga: 5 Resort Mewah di Bali yang Wajib Kalian Kunjungi



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp