Hati-hati, Ini Dia Adab Meludah dalam Islam

By. Dewi Savitri - 29 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Islam sebagai agama yang indah dan sempurna, tidak hanya mengatur aspek ibadah semata, tetapi juga memberikan pedoman dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk etika meludah. Etika dalam Islam tidak hanya mencakup tata cara ibadah, tetapi juga perilaku sehari-hari yang mencerminkan penghormatan terhadap sesama dan kebersihan. Salah satu hal yang diatur dalam Islam adalah tata cara meludah dan berdahak.

 

Baca Juga: Pindah Rumah?? Ini Dia 3 Adab Tempati Rumah Baru dalam Islam

 

Dikutip dari nuonline, pernah dijelaskan dalam riwayat bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah melihat air ludah di sekitar arah kiblat di dalam masjid. Beliau dengan penuh kesantunan mengambil sebatang kayu atau tongkat untuk membersihkannya. Kemudian, Rasulullah memberikan pengajaran berharga, bahwa saat seseorang sedang menjalankan shalat, dia tidak boleh meludah ke arah kiblat. Shalat adalah momen di mana seseorang berbicara dengan Allah dalam doa-doa pribadi. Oleh karena itu, perbuatan meludah ke arah kiblat selama shalat harus dihindari dengan penuh rasa hormat terhadap Allah.

 

Namun, meskipun meludah ke arah kiblat selama shalat harus dihindari, adab meludah di luar shalat juga memiliki pedoman yang perlu diperhatikan. Di luar shalat, makruh (tidak dianjurkan) meludah ke arah depan, ke arah kiblat, dan ke arah kanan. Meludah ke arah depan dan kanan juga harus dihindari karena di sebelah kanan ada malaikat pencatat amal kebaikan. Islam mendorong kita untuk menghindari tindakan yang tidak pantas atau mengganggu lingkungan sekitar.

 

Baca Juga: Jangan Sholat Pake 7 Pakaian Ini!! Ini Dia Adab Berpakaian Saat Sholat

 

Selain itu, Islam juga mengajarkan tentang menghormati milik orang lain. Meludah yang mengenai benda milik orang lain hukumnya haram. Hal ini menunjukkan betapa Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan penghormatan terhadap hak dan kepemilikan orang lain. Sikap saling menghormati dan tidak merugikan orang lain adalah prinsip yang dijunjung tinggi dalam ajaran Islam.

 

Pesan yang diwariskan oleh Rasulullah mengenai adab meludah ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan rasa hormat terhadap lingkungan dan sesama. Etika dalam hal sepele seperti meludah merupakan bagian dari upaya menjaga tata krama dan menghindari perilaku yang merusak. Dengan mematuhi adab-adab seperti ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman, dan penuh rasa hormat.

 

Oleh karena itu, dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita perlu selalu mengingat dan mempraktikkan etika meludah yang diajarkan oleh Islam. Dengan menghormati norma-norma sosial dan nilai-nilai agama, kita dapat menciptakan suasana yang lebih baik di sekitar kita. Semoga kita senantiasa dapat menjalani kehidupan dengan adab dan etika yang Islami, sehingga kita dapat mendekatkan diri kepada Allah dan memberikan contoh yang baik bagi sesama. Wallahu a'lam.

 

Baca Juga: Cari Nafkah Berkah dengan Mengikuti 7 Adab Jual Beli dalam Islam

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp