Mengenal Telaga Rasulullah SAW, Telaga Al-Kautsar

By. Dewi Savitri - 30 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Telaga Al-Kautsar merupakan salah satu anugerah Allah yang diberikan kepada Nabi Muhammad ﷺ, sebagaimana yang diabadikan dalam Surat Al-Kautsar dalam Al-Quran. Air dari telaga ini akan diberikan oleh Nabi kepada umatnya yang istimewa, bukan sembarang orang yang bisa memperolehnya. Surat Al-Kautsar adalah salah satu surat terpendek dalam Al-Quran, hanya terdiri dari 3 ayat. Surat ini diturunkan di Mekah dengan tujuan yang istimewa. Saat itu, Nabi Muhammad ﷺ merasa sedih karena kehilangan dua orang yang sangat dicintainya. Surat Al-Kautsar diturunkan untuk menghibur dan menguatkan hati Rasulullah ﷺ.

 

Baca Juga: Raih Keberkahan, Ini Dia 10 Keutamaan Istoqomah Dijalan Allah

 

Nama "Al-Kautsar" diambil dari sungai yang ada di Surga. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi ﷺ, "Sesungguhnya itu adalah sungai yang Rabb-ku 'Azza wa Jalla telah janjikan kepadaku, dan sungai tersebut memiliki banyak kebaikan. Ia adalah sebuah telaga yang nantinya akan ditemui oleh umatku pada hari Kiamat, bejana-bejana di dalamnya jumlahnya seperti bintang di langit. Namun, ada di antara hamba-hamba Allah yang tidak diperkenankan minum dari telaga tersebut. Aku berkata, 'Wahai Tuhanku, sesungguhnya dia adalah dari umatku.' Allah berfirman, 'Tidakkah engkau tahu apa yang telah mereka perbuat setelah engkau?'" (HR. Muslim, no. 400).

 

Menurut riwayat 'Atha', dalam Surat Al-Kautsar, Allah memberikan sebuah telaga kepada Rasulullah ﷺ di surga. Namun, ada juga riwayat lain yang menyebutkan bahwa yang diberikan adalah sebuah sungai. Hanya mereka yang diberi keberuntungan yang akan minum dari telaga Al-Kautsar, anugerah dari Allah kepada Nabi Muhammad ﷺ seperti yang tercantum dalam Surat Al-Kautsar. Air dari telaga ini memiliki manfaat yang luar biasa, sesuai dengan kebutuhan semua manusia, baik yang pertama lahir hingga akhir zaman, termasuk di tengah-tengah kisruh Kiamat. Namun, hanya mereka yang istimewa yang bisa meminum air dari telaga Al-Kautsar, langsung dari tangan pemiliknya, yaitu Nabi Muhammad ﷺ. Pengalaman spiritual dan kepuasan batin yang unik pasti akan dirasakan oleh mereka yang mendapatkan kesempatan ini.

 

Baca Juga: Surat Pendek Al-Qur'an, Ini Dia 6 Keutamaan Surat Al-Kautsar

 

Surat Al-Kautsar memiliki banyak khasiat, yang diambil dari nama telaga Surga yang penuh kenikmatan. Karena itu, surat ini juga membawa manfaat bagi mereka yang membacanya. Surat Al-Kautsar memiliki keistimewaan dalam mempermudah rezeki dan membantu menyelesaikan hutang-hutang kita dengan pertolongan Allah.

 

Kholid dalam bukunya "Aku Yakin Menjadi Kaya (Dilengkapai Do’a dan Dzikir)" menuliskan bahwa Surat Al-Kautsar memiliki kemampuan untuk menjadi penarik rezeki dan memudahkan urusan keuangan, juga membantu kita untuk keluar dari hutang-hutang yang kita hadapi dengan pertolongan Allah.

 

Jadi, bagi siapa pun yang membaca, menghafalkan, dan mengamalkan Surat Al-Kautsar, InsyaAllah akan merasakan kekhasan dan kenikmatan dunia dan akhirat yang tak terhingga. Seperti halnya Allah memberikan telaga Al-Kautsar kepada hamba-Nya yang beriman, Allah juga memberikan berbagai kebaikan bagi yang tekun mengamalkan ajaran-Nya.

 

Baca Juga: Inilah Sidratul Muntaha, Tempat Istimewa Untuk Nabi Muhammad SAW

 

Wallahu a'lam bisshowab

Sekian pembahasan Batemuri Tour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di batemuritour.cs@gmail.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp