Fardhu Kifayah, Ini Dia 4 Adab Memandikan Jenazah dalam Islam

By. Dewi Savitri - 01 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Dalam Islam, mengurus orang yang telah meninggal dengan baik adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Salah satu aspek penting dalam mengurus jenazah adalah tentang tata cara memandikannya dengan benar. Memandikan jenazah merupakan tindakan pertama dalam proses membersihkan dan mempersiapkan tubuh orang yang telah meninggal.

 

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Meninggal Husnul Khotimah dalam Islam

 

Adab dan aturan yang telah ditetapkan dalam Islam harus diperhatikan dengan seksama dalam proses memandikan jenazah. Tindakan ini dianggap sebagai bentuk menghormati dan membersihkan jasad sebelum akhirnya dimakamkan. Beberapa hal perlu diingat dalam tata cara memandikan jenazah yaitu:

 

1. Hukum Memandikan Jenazah

 

Menurut ajaran Islam, memandikan jenazah adalah fardhu kifayah, yang artinya jika sudah ada satu orang yang melaksanakannya, tidak ada kewajiban bagi yang lain untuk melakukannya. Namun, jika belum ada yang melaksanakannya, maka semua orang dalam lingkungan tersebut berkewajiban melakukannya. Dalam hadis dari Ummi Athiyyah al-Anshariyyah dan Abdullah Ibnu 'Abbas, dijelaskan mengenai tata cara dan hukum memandikan jenazah.

 

2. Jenazah yang Harus dan Tidak Boleh Dimandikan

 

Jenazah yang wajib dimandikan adalah jenazah seorang Muslim atau Muslimah yang tidak mati syahid. Namun, ada dua jenis jenazah yang tidak boleh dimandikan, yaitu orang yang mati syahid dalam pertempuran dan bayi yang meninggal karena keguguran.

 

3. Syarat Orang yang Memandikan Jenazah

 

Orang yang bertugas memandikan jenazah harus memenuhi beberapa syarat tertentu, seperti menjadi Muslim, berakal, baligh, jujur, shalih, terpercaya, mengetahui tata cara memandikan jenazah, dan mampu menutupi aurat jenazah. Walau siapa pun yang memenuhi syarat dapat memandikan jenazah, tetap ada urutan mengenai siapa yang lebih berhak melakukannya.

 

4. Tata Cara Memandikan Jenazah

 

Tata cara memandikan jenazah memiliki beberapa langkah yang harus diikuti dengan seksama. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah:

 

Baca Juga: 6 Tanda Meninggal Dunia yang Bisa Dirasakan Menurut Imam Al-Ghazali

 

• Proses memandikan harus dilakukan di tempat yang terlindungi untuk menjaga aurat jenazah.

 

• Mempersiapkan kain untuk menutup aurat jenazah sebelum dimandikan.

 

• Menjalankan proses memandikan dengan lembut dan penuh penghormatan.

 

• Membersihkan segala najis dan kotoran yang ada di tubuh jenazah.

 

• Merapikan rambut dan memotong kuku jenazah jika perlu.

 

• Menutup aurat jenazah selama proses memandikan dan setelahnya.

 

Memandikan jenazah adalah tindakan penghormatan terakhir yang dilakukan oleh orang yang masih hidup terhadap orang yang telah meninggal. Proses ini harus dilakukan dengan penuh kesabaran, penghormatan, dan ketelitian sesuai dengan tata cara yang telah ditetapkan dalam Islam. Melalui proses memandikan jenazah, kita berarti menghormati jasad yang telah meninggal dan membersihkannya sebelum akhirnya dikebumikan. Ini adalah bentuk pengabdian terakhir kita kepada sesama Muslim yang telah berpulang kepada Allah SWT.

 

Baca Juga: Lakukan 15 Amalan Ini Agar Masuk Surga Tanpa Hisab

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp