Mengenal Tahnik dan 4 Manfaatnya pada Bayi

By. Dewi Savitri - 06 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Dalam tradisi Islam, tahnik adalah praktik yang diambil dari ajaran dan tindakan Rasulullah Muhammad SAW terhadap bayi-bayi yang baru lahir. Tahnik adalah salah satu bentuk parenting Islami yang unik dan bermanfaat. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai tahnik, pelaksanaan, dan manfaatnya.

 

Baca Juga: 10 Pekerjaan yang Dilarang dalam Islam, Ini Dia Penyebabnya!!

 

Tahnik adalah praktik di mana mulut bayi yang baru lahir diberikan sesuatu yang rasanya manis, seperti kurma yang telah dikunyah oleh orang yang saleh, atau bahkan liur seorang yang saleh. Ini dilakukan sebagai tindakan kasih sayang dan sebagai sunnah Nabi Muhammad SAW.

 

Rasulullah Muhammad SAW melakukan tahnik kepada beberapa bayi yang terpilih dengan memberikan liur mulianya tanpa campuran apapun. Beberapa bayi tersebut adalah keluarga Beliau, seperti anak cucu dan saudara sesusuan. Tidak diragukan lagi, anak, cucu, dan kerabat Beliau merupakan orang-orang pilihan yang terkenal karena kesalehannya.

 

Dalam beberapa riwayat, Rasulullah juga melakukan tahnik dengan memberikan kurma yang telah dikunyahnya kepada bayi-bayi tersebut. Hal ini juga menjadi tindakan yang penuh berkah dan kasih sayang.

 

Manfaat Tahnik

 

Adapun manfaat mentahnik bayi dalam islam adalah sebagai berikut:

 

1. Keberkahan

 

Tahnik adalah bentuk doa untuk memberikan keberkahan kepada bayi yang baru lahir. Ketika seorang yang saleh memberikan sesuatu yang manis kepada bayi sambil berdoa, ini diharapkan membawa keberkahan dalam hidupnya.

 

2. Transmisi Keilmuan

 

Ketika makanan yang diberikan kepada bayi bercampur dengan air liur orang saleh, maka transmisi keilmuan juga terjadi. Hal ini dipandang sebagai salah satu jalur perpindahan keilmuan antara ulama dari satu generasi ke generasi berikutnya.

 

Baca Juga: 5 Sunnah yang Dilakukan Orang Tua pada Bayi Baru Lahir

 

3. Pengasuhan Jiwa

 

Tahnik juga memiliki dampak pada jiwa bayi. Ini dapat membantu dalam mengendalikan nafsu alami bayi dan mengarahkan energinya secara positif. Hal ini dapat membentuk jiwa bayi agar menjadi anak yang disiplin dan memiliki semangat yang tinggi.

 

4. Mengikuti Sunnah

 

Melakukan tahnik adalah cara kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Ini adalah tindakan yang penuh kasih sayang yang diajarkan oleh Beliau kepada umatnya.

 

Tahnik adalah praktik Islami yang penuh makna dan keberkahan. Ini merupakan tindakan yang mencerminkan kasih sayang, doa, dan pengasuhan Islami yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Dengan melakukan tahnik, kita dapat memberikan bekal yang baik kepada generasi yang akan datang untuk menjadi individu yang saleh dan berilmu. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang praktik tahnik dalam Islam.

 

Baca Juga: 4 Kondisi Seorang Istri Harus Meminta Izin Suami dalam Islam

 

Wallahu A'lamu Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp