7 Destinasi Wisata Religi Banten, Nomor 6 Situs Langka

By. Darma Taujiharrahman - 02 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Annabil tour, buat kalian yang ingin taun informasi seputar wisata religius di sekitar pulau Jawa, yuk bisa simak berbagai informasi yang kami sediakan di laman tips kami.

 

Ziarah, merupakan salah satu perjalanan wisata dengan tema religius yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Perjalanan wisata ini bertujuan untuk mengetahui situs-situs budaya dan napak tilas perjuangan para pendakwah dan penyiar agama Islam khususnya di pulau Jawa.

 

Wisata ini juga memiliki arti penghormatan atas jasa jariyah yang telah diajarkan kepada seluruh murid-muridnya dari generasi ke generasi.

 

Berikut ini beberapa destinasi wisata religius yang dapat dikunjungi di wilayah Banten dan sekitarnya, yuk simak berikut ini.

 

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Wisata Kuliner yang Harus Dikunjungi saat Umrah

 

Banten

Banten merupakan salah satu provinsi yang dulunya merupakan suatu kerajaan. Kerajaan Banten adalah salah satu kerajaan Islam di Pulau Jawa yang pernah menjadi penguasa jalur pelayaran dan perdagangan. Salah satu faktor kemajuan dari Kesultanan Banten adalah posisinya yang strategis, yaitu di ujung barat Pulau Jawa, lebih tepatnya di Tanah Sunda, Provinsi Banten. Ibu kota Kesultanan Banten adalah Surosowan, Banten Lama, Kota Serang. Kerajaan Banten didirikan oleh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati pada abad ke-16. Berdasarkan hal tersebut, tentunya akan sangan banyak situs-situs peninggalan sejarah perkembangan dakwah Islam di provinsi tersebut. Berikut diantaranya

 

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten dibangun pada masa kesultanan Sultan Maulana Hasanuddin. Namun sampai sekarang, masjid ini masih berdiri dengan kokoh. Banyak peziarah dari berbagai daerah yang selalu mengunjungi masjid ini.

 

Kompleks Pemakaman Kesultanan Banten

Lokasi objek wisata religi ini berada di sisi utara masjid Agung Banten. Komplek Pemakaman Kesultanan Banten dibagi menjadi dua yaitu bagian luar dan dalam. Pada bagian luar digunakan untuk makam pengawal dan kerabat sultan, sedangkan padabagian dalam merupakan makam Sultan beserta dengan keluarga.

 

Makam Syeikh Maulana Mansur

Syeikh Maulana Mansur merupakan ulama yang memiliki peran besar dalam penyebaran Agama Islam di Pandeglang. Sampai saat ini masih banyak orang yang datang ke lokasi makam ini untuk berziarah.

 

Baca juga: 3 Rekomendasi Wisata Halal Korea Selatan, Nomor 3 Bikin Penasaran

 

Makam Syekh Abdul Jabbar

Syekh Abdul Jabbar merupakan seorang ulama yang memiliki peran penting  dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah.  Makam dari Syekh Abdul Jabbar sendiri berada di Kampung Pasir Kecapi , Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Karang Tanjung.

 

Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

Beliau merupakan sosok yang menyebarkan ajaran Islam di bagian Banten selatan yang sekarang disebut dengan Padeglang. Saat ini banyak orang yang berkunjungke makam beliau yang berada di Desa Cikadueun Kecamatan Cipeucang. Makam Beliau ini ramai dikunjungi terutama pada saat menjelang Bulan Ramadhan.

 

Makam Syekh Muhammad Sholeh

Syekh Muhammad Sholeh merupakan seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di daerah pantai utara Banten. Beliau merupakan santri dari Sunan Ampel, setelah berguru pada Sunan Ampel kemudian beliau berguru pada Sunan Gunung Jati. Sampai akhirnya beliau menetap di Gunung Santri.

 

Masjid Agung Tanara

Masjid Agung Tanara merupakan Masjid peninggalan dari Sultan Maulana Hasanuddin, sultan pertama dari Banten. Kebanyakan orang sering mengangap bahwa masjid ini merupakan peninggalan dari Syekh Nawawi karena tempatnya berdampingan dengan rumah tempat kelahiran beliau.

 

Batu Qur'an

 

Batu Qur’an merupakan situs  yang berupa kolam yang letaknya berada di kaki Gunung Karang. Tempat ini merupakan tempat yang sering didatangi oleh banyak peziarah. Situs ini kental dengan kisah Syekh Maulana Mansyur yang hendak pergi ke tanah suci dengan cara ayng tidak biasa.

 

Museum Kepurbakalaan Banten Lama

Selain dari makam-makam para ulama serta masjid kamu juga dapat mendatangi Museum Situs Kepurbakalaan Banten untuk dikunjungi. Tempat ini juga menyimpan sejarah yang menarik untuk kamu gali. Kamu dapat melihat garis besar kehidupan dari penduduk Banten pada masa Kerajaan Islam.

 

Museum ini memang terbilang masih muda jika dibandingkan dengan situs-situs tempat berziarah. Museum ini berdiri pada tanggal 19 Juli 1985, dengan koleksi sejarah pada abad ke-19 hingga abad ke-19. Satu dari Koleksi dari museum ini yang paling terkenal adalah meriam kuno yaitu Ki Amuk.

 

Sekian sharing Annabil kali ini, bagi kalian yang informasi terbaru seputar wisata religus cukup kunjungi tips website kami di www.batemuritour.com

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Malioboro, Pecinta Kopi Jangan Kelewatan



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp