Masih Ada!! Ini Dia 5 Peninggalan Islam di Spanyol

By. Dewi Savitri - 07 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Eropa sering dikenal sebagai pusat perkembangan teknologi yang maju dan memiliki banyak destinasi wisata populer bagi pelancong internasional. Namun, sedikit yang tahu bahwa di balik kehebatan teknologinya dan daya tarik wisatanya, Islam pernah berkuasa dan berjaya di benua ini, salah satunya di Spanyol. Di masa kejayaan Islam ini, agama ini berkuasa di Spanyol selama ratusan tahun.

 

Baca Juga: 9 Tips Pilih Hijab Agar Tetap Nyaman Saat Traveling

 

Salah satu masa berjayanya Islam yang paling mencolok adalah di bawah kepemimpinan Khalifah Al-Walid dari dinasti Bani Umayyah. Di masa ini, Islam banyak meninggalkan warisan yang sangat mengagumkan di Spanyol, terutama dalam seni dan arsitektur. Dengan kerumitan arsitektur yang tinggi dan ciri khas yang unik, peninggalan Islam di Spanyol tetap menjadi daya Tarik bagi para pelancong hingga saat ini. Berikut beberapa peninggalan islam di Spanyol:

 

1. Medina Azahara

 

Kota ini memiliki arti "kota yang indah dan menakjubkan." Dibangun pada tahun 940 atau 941 Masehi oleh Khalifah Cordoba, kota Medina Azahara adalah pusat pemerintahan Andalusia saat itu. Namun, peperangan pada tahun 1010 menyebabkan keruntuhan kota ini, meninggalkan kita dengan reruntuhan yang mengesankan sebagai kenangan akan masa keemasan Islam di sini.

 

2. Torre del Oro (Seville)

 

Juga dikenal sebagai "Menara Emas," ini adalah peninggalan Islam yang digunakan untuk mengontrol kota Seville. Menara ini juga pernah digunakan sebagai penjara dan gudang pada abad ke-13 dan saat ini menjadi museum angkatan laut.

 

3. Alcazar of Jerez de la Frontera

 

 

Bangunan yang mengagumkan ini adalah peninggalan Islam yang paling tua di Spanyol. Dibangun pada abad ke-11, Alcazar of Jerez de la Frontera dianggap sebagai peninggalan bersejarah yang luar biasa di negara ini. Yang menarik, di antara 18 masjid yang pernah berdiri di kota ini, masih ada satu masjid yang bertahan hingga hari ini.

 

Baca Juga: Sejarah Baitul Maqdis dan Keistimewaannya Bagi Umat Muslim

 

3. Masjid Cristo de la Luz (Toledo)

 

Juga dikenal sebagai Masjid Bab Al-Mardum, masjid ini tetap utuh dalam hal struktur dan bangunan sejak awal berdirinya. Terletak di Toledo, yang merupakan ibu kota muslim pertama di Spanyol.

 

4. Alcazar of Segovia

 

Terletak di kota Segovia, Alcazar of Segovia adalah benteng peninggalan umat Islam yang paling dekat dengan Madrid. Ini adalah istana yang juga berfungsi sebagai benteng pertahanan, dan ciri khasnya adalah arsitektur yang unik dan menawan.

 

5. Alcazar of Seville

 

Alcazar of Seville adalah istana kerajaan tertua di Spanyol yang masih aktif digunakan hingga saat ini. Pada tahun 1987, UNESCO juga mengakui keunikan dan sejarah istana ini dengan mendaftarkannya sebagai salah satu situs warisan dunia. Arsitektur istana ini, yang diilhami oleh bangsa Moor, adalah daya tarik utama bagi para wisatawan. Istana Alhambra, yang dapat diterjemahkan sebagai "Istana Benteng Merah," adalah salah satu pencapaian tertinggi dalam arsitektur Islam di Spanyol dan merupakan salah satu objek wisata yang paling dicari di seluruh dunia berkat keindahan arsitekturnya yang memukau.

 

Baca Juga: 11 Destinasi Wisata Religi di Banten, Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga

 

Mengunjungi peninggalan Islam yang megah di Spanyol merupakan pengalaman yang tidak hanya bisa memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah, tetapi juga memberikan wawasan yang lebih dalam tentang seni dan budaya yang luar biasa dari masa kejayaan Islam di benua Eropa.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp