Mengenal Masjid Qolsharif, Masjid Megah di Rusia

By. Dewi Savitri - 07 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Masjid Qolsharif, yang juga dapat dieja sebagai Qol Sharif, Kol Sharif, Qol Sherif dalam bahasa Tatar, atau Kul Sharif dalam bahasa Rusia, adalah salah satu keindahan arsitektur yang dapat ditemukan di kota Kazan, Rusia. Masjid ini adalah masjid terbesar di Rusia dan bahkan di seluruh Eropa.

 

Baca Juga: Ini Dia Fakta Menarik Masjid Koutoubia, Maroko

 

Sejarah masjid ini bermula pada abad ke-16, ketika masjid ini dibangun di Kazan Kremlin. Nama "Qolsharif" diambil dari seorang pemimpin spiritual yang mengabdi di masjid ini. Pada saat itu, Qolsharif dan beberapa muridnya berjuang untuk mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia pada tahun 1552. Sayangnya, selama penyerbuan itu, masjid ini hancur oleh pasukan Rusia.

 

Namun, semangat dan keinginan untuk membangkitkan kembali kejayaan masa lalu terus tumbuh. Pada tahun 1996, rekonstruksi Masjid Qolsharif dimulai di Kazan Kremlin, meskipun dengan sedikit sentuhan modern. Arsitektur baru ini adalah hasil desain dari arsitek Rusia, I. Sayfullin dan S. Shakurov, dengan interior yang dirancang oleh A. Sattarov. Masjid ini mencampur unsur-unsur modern dengan tradisional, yang kemudian menciptakan sebuah karya seni yang mempesona.

 

Baca Juga: Pernah Jadi Kiblat Sholat? Ini Dia 8 Keutamaan Baitul Maqdis

 

Salah satu hal yang membuat Masjid Qolsharif begitu menarik adalah adanya kesamaan elemen-elemen arsitektur dengan Katedral Santo Basil di Moskwa. Ada delapan menara, cupola tengah, yang berbeda dengan arsitektur Rusia. Perbedaan ini menjadi bukti adanya hubungan dan percampuran budaya yang telah ada selama berabad-abad.

 

Sejak peresmiannya pada 24 Juli 2005, Masjid Qolsharif telah menjadi salah satu simbol terpenting dari semangat Tatar untuk merdeka dan meraih kebebasan. Masjid ini juga berfungsi sebagai Museum Islam yang menggambarkan sejarah panjang agama Islam di wilayah ini.

 

Selama hari raya Islam, ribuan orang berkumpul di Masjid Qolsharif untuk melaksanakan salat dan merayakan keagungan agama islam. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, di kompleks ini juga terdapat perpustakaan, rumah penerbitan, dan kantor Imam.

 

Baca Juga: Masih Ada!! Ini Dia 5 Peninggalan Islam di Spanyol

 

Kompleks Masjid Qolsharif adalah salah satu bagian terpenting dalam lanskap arsitektur Kazan yang menciptakan keseimbangan indah antara tradisi masa lalu dan visi masa depan. Masjid ini adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin merasakan pesona budaya dan sejarah yang kaya di Kazan, Rusia









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp