6 Museum Islam Terlengkap di Dunia, Kamu Sudah Pernah Kesini??

By. Dewi Savitri - 07 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat kontenPedia!! Islam adalah salah satu agama terbesar di dunia yang memiliki sejarah panjang hingga kini. Keindahan dan kekayaan peradaban Islam tercermin dalam berbagai artefak, seni, dan artefak bersejarah yang tersimpan di museum-museum Islam terbesar di dunia. Berikut ini adalah 6 museum yang memiliki koleksi Islam terbaik di dunia:

 

Baca Juga: Ini Dia Fakta Menarik Masjid Koutoubia, Maroko

 

1. Museum of Islamic Art, Qatar

 

Terletak di Doha, Qatar, Museum of Islamic Art merupakan salah satu museum Islam terbesar di Teluk Persia. Dibuka pada tahun 2008, museum ini memiliki koleksi yang mengesankan dari berbagai belahan dunia, termasuk Iran, Irak, Turki, Mesir, Asia Tengah, India, dan Spanyol. Salah satu koleksi terbaiknya adalah lukisan Laila Majnun yang diadaptasi dari kisah cinta klasik karya Nizami Ganjavi, seorang penyair Persia.

 

2. Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia

 

Terletak di Komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, museum ini adalah rumah bagi banyak koleksi karya intelektual muslim nusantara dan para ulama. Bayt Al Quran memiliki koleksi mushaf Al Quran yang mencakup Mushaf Istiqlal, Mushaf Sunda dan Malaysia, serta Mushaf Wonosobo yang berukuran sangat besar. Museum Istiqlal menyimpan benda seni dan artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara.

 

3. Islamic Art Museum, Malaysia

 

Museum ini berlokasi di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur, dan memiliki arsitektur yang unik. Museum ini memiliki 4 lantai yang menyimpan berbagai koleksi warisan peradaban Islam, termasuk senjata, baju besi, perhiasan, tekstil, koin, kayu, keramik, kerajinan logam, serta manuskrip Al Quran. Museum ini juga mencerminkan budaya tiga etnis utama di Malaysia: Melayu, India, dan Cina.

 

Baca Juga: 8 Masjid Tertua di Indonesia yang Cocok Untuk Wisata Religi

 

4. Topkapi Museum, Turki

 

Topkapi Museum dulunya adalah Istana megah di Istanbul, Turki. Museum ini memiliki ruangan megah yang menyimpan koleksi-koleksi penting, seperti jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. Semua koleksi Islami di Topkapi Museum masih tersimpan dengan baik hingga saat ini, termasuk salah satu manuskrip Al Quran tertua di dunia.

 

5. Islamic Museum of Australia, Australia

 

Meskipun Australia bukan negara mayoritas Muslim, Islamic Museum of Australia adalah salah satu museum Islam yang mengagumkan. Didirikan pada tahun 2010 di Victoria, museum ini memiliki banyak artefak sejarah dan karya seni. Koleksi meliputi lukisan, kaligrafi, arsitektur, keramik, kaca, dan tekstil dari berbagai belahan dunia.

 

6. Aga Khan Museum, Kanada

 

Terletak di Toronto, Aga Khan Museum adalah museum Islam terbesar di Amerika Utara. Museum ini dibangun oleh seorang jutawan Muslim bernama Aga Khan dan diresmikan pada tahun 2014. Dirancang dengan gaya kontemporer modern, museum ini memiliki ruang pameran yang megah dan ruang teater berkapasitas 350 tempat duduk.

 

Baca Juga: Pernah Jadi Kiblat Sholat? Ini Dia 8 Keutamaan Baitul Maqdis

 

Museum-museum ini tidak hanya menjadi tempat untuk menjaga kekayaan budaya Islam, tetapi juga menjembatani pemahaman lintas budaya tentang Islam. Mereka adalah destinasi yang penting untuk para pecinta seni, sejarah, dan budaya yang ingin menjelajahi warisan Islam yang kaya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp