Tak Hanya di Arab Saudi, Inilah5 Masjid Paling Bersejarah di Dunia

By. Dewi Savitri - 07 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Masjid, sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya Islam. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak masjid telah menjadi destinasi wisata religi yang menarik bagi peziarah dari seluruh dunia. Berikut adalah lima masjid bersejarah di dunia yang menjadi tujuan wisata religi:

 

Baca Juga: Mengenal Masjid Nabawi di Madinah, Ini Dia Keistimewaannya

 

1. Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

 

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat suci bagi umat Islam. Terletak di Mekkah, Arab Saudi, masjid ini mencakup Ka'bah, yang menjadi kiblat dalam shalat umat Islam. Dengan luas sekitar 400.000 meter persegi, masjid ini dapat menampung hingga 2 juta orang selama ibadah haji. Masjidil Haram memiliki fasilitas modern, lantai berpendingin, arsitektur indah, dan air Zamzam yang tersedia untuk umat Muslim.

 

2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

 

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat bersejarah dalam Islam. Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad ini terletak di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki bangunan megah dengan kapasitas hingga 1 juta jamaah. Di dalamnya, Anda akan menemukan makam Nabi Muhammad, serta makam dua sahabatnya, Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

 

3. Masjid Quba, Madinah, Arab Saudi

 

Masjid Quba adalah masjid tertua di dunia yang dibangun oleh Nabi Muhammad pada tahun 622 Masehi. Terletak di Quba, sebelah tenggara Madinah, masjid ini memiliki nilai sejarah yang besar. Meskipun tidak sebesar Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, Masjid Quba memiliki makam sahabat Nabi dan menampung hingga 20.000 jamaah.

 

Baca Juga: Mengenal Masjid Quba, Masjid Bersejarah Umat Islam

 

4. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, Palestina

 

Masjid Al-Aqsa, terletak di Yerusalem, Palestina, adalah salah satu masjid tertua di dunia. Masjid ini menjadi tempat penting dalam peristiwa Isra Mi'raj, perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa sebelum naik ke langit. Di kompleks masjid ini juga terdapat Qubbah as-Sakhrah atau Masjid Umar. Meskipun bukan kiblat umat Islam saat ini, Masjid Al-Aqsa tetap menjadi tempat suci yang perlu dikunjungi oleh umat Islam.

 

5. Masjid Huaisheng, Guangzhou, Tiongkok

 

Tiongkok juga memiliki sejarah Islam yang kaya, dan Masjid Huaisheng di Guangzhou adalah salah satu contohnya. Masjid ini dikenal sebagai masjid tertua di Tiongkok, didirikan pada tahun 627 Masehi. Terletak di kota Guangzhou, masjid ini memiliki arsitektur unik yang mencampurkan unsur Arab dan Tiongkok. Dikenal juga sebagai "Masjid Mercusuar" karena menara masjid setinggi 36 meter yang mencolok.

 

Baca Juga: Umat Muslim Wajib Tau!! Inilah 5 Adab Masuk Masjid dalam Ajaran Islam

 

Mengunjungi masjid-masjid bersejarah ini bukan hanya tentang ziarah, tetapi juga tentang mengagumi arsitektur megah dan sejarah yang mereka bawa. Ini adalah pengalaman spiritual dan budaya yang tak ternilai bagi para peziarah dan pelancong yang ingin lebih mengenal Islam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp