Muslim Wajib Tau!! Kenali 20 Sifat Wajib bagi Allah SWT Berikut Ini

By. Dewi Savitri - 08 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Allah SWT adalah Maha Sempurna dengan sifat-sifat-Nya yang tidak terbatas. Rasulullah Muhammad SAW dalam hadis riwayat Ahmad menggambarkan keagungan Allah dengan sabdanya, "Aku memohon kepada Engkau dengan semua nama yang menjadi nama-Mu, baik yang telah Engkau jadikan sebagai nama diri-Mu atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu atau Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau Engkau sembunyikan menjadi ilmu gaib di sisi-Mu." (HR Ahmad)

 

Baca Juga: Ini Dia 12 Keutamaan bagi Para Hafidz dan Hafidzah Quran

 

Dalam Islam, terdapat beberapa sifat wajib Allah SWT yang harus kita pahami dan yakini. Berikut adalah beberapa di antaranya beserta maknanya dalam Al-Qur'an:

 

1. Wujud (Ada)

 

Sifat wajib Allah yang pertama adalah wujud, yang berarti kehadiran Allah SWT yang abadi, tidak diciptakan oleh siapapun, dan tidak ada tuhan selain-Nya. Allah berfirman yang artinya, "Dia lah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: kemudian Dia beristawa di atas 'arsy. Dia mengetahui yang masuk ke dalam bumi dan yang keluar daripadanya dan yang turun dari langit dan yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Al-Hadid: 4)

 

2. Qidam (Terdahulu)

 

Sifat qidam berarti Allah adalah Yang Terdahulu, Maha Awal, dan telah ada sebelum segala sesuatu. Allah berfirman, "Dia adalah yang awal dan yang akhir, yang zahir dan yang batin, dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS Al-Hadid: 3)

 

3. Baqa (Kekal)

 

Sifat baqa menunjukkan bahwa Allah SWT adalah Yang Kekal dan tidak akan pernah binasa. Allah tidak akan mati seperti ciptaan-Nya karena kematian itu sendiri adalah ciptaan-Nya. Allah berfirman, "Dan janganlah kamu sembah selain Allah, Tuhan yang lain. Tidak ada Tuhan selain Dia. Segala sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya semua penentuan, dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan." (QS Al-Qasas: 88)

 

4. Mukhalafatu lil Hawaditsi (Berbeda dengan Makhluk)

 

Sifat ini menegaskan bahwa Allah berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya. Allah adalah Maha Sempurna dan tidak ada makhluk yang dapat menyerupai-Nya. Allah berfirman, "Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat." (QS Ash-Shura: 11)

 

5. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri Sendiri)

 

Allah berdiri sendiri dan tidak memerlukan bantuan dari siapapun. Dia tidak bergantung pada siapa pun dan memiliki kekuasaan penuh atas segala sesuatu. Allah berfirman, "Dan barangsiapa yang berjihad, sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS Al-Ankabut: 6)

 

6. Wahdaniyah (Tunggal atau Esa)

 

Allah adalah Maha Esa, tidak ada Tuhan selain-Nya. Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan alam semesta. Allah berfirman, "Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha suci Allah yang memiliki 'arsy daripada apa yang mereka sifatkan." (QS Al-Anbiya': 22)

 

7. Qudrat (Berkuasa)

 

Allah memiliki kekuasaan yang mutlak atas alam semesta dan segala isinya. Tidak ada yang dapat menandingi kekuasaan-Nya. Allah berfirman, "Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al-Ma'idah: 120)

 

8. Iradat (Berkehendak)

 

Allah memiliki kehendak yang mutlak atas segala keadaan di alam semesta. Semua yang terjadi adalah berdasarkan kehendak-Nya. Allah berfirman, "Allah hendak menerangkan (hukum syari'at-Nya) kepadamu, dan menunjukimu kepada jalan-jalan orang yang sebelum kamu (para Nabi dan shalihin) dan (hendak) menerima taubatmu. Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS An-Nisa': 26)

 

9. Ilmu (Mengetahui)

 

Allah Maha Mengetahui segala hal, baik yang terjadi maupun yang belum terjadi. Tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengetahuan-Nya. Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS Al-Mujadilah: 7)

 

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Hadapi Fitnah Dunia dalam Islam

 

10. Hayat (Hidup)

 

Allah Maha Hidup, tidak tidur, lelah, atau mati. Allah adalah Sumber Kehidupan yang abadi. Allah berfirman, "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya." (QS Ali Imran: 2)

 

11. Sam'un (Mendengar)

 

Allah Maha Mendengar segala sesuatu, baik yang diucapkan maupun yang disembunyikan dalam hati dan jiwa manusia. Allah berfirman, "Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa." (QS Ibrahim: 39)

 

12. Bashar (Melihat)

 

Allah Maha Melihat segala hal yang terjadi di alam semesta, baik yang tampak maupun yang disembunyikan. Allah berfirman, "Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu." (QS Al-Buruuj: 9)

 

13. Kalam (Berbicara)

 

Allah Maha Berbicara secara sempurna tanpa batasan dan bantuan apapun. Dia berbicara melalui wahyu dan kitab-Nya. Allah berfirman, "Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (QS An-Nisa': 164)

 

14. Qadiran (Maha Berkuasa)

 

Allah Maha Kuasa atas alam semesta dan segala isinya. Kekuasaan-Nya tidak terbatas pada apapun dan siapapun. Allah berfirman, "Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada di dalamnya, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu." (QS Al-Ma'idah: 120)

 

Baca Juga: Doa dalam Perspektif Islam: Mengapa Kita Berdoa dan Apa Maknanya?

 

15. Muridan (Maha Berkehendak)

 

Allah Maha Menghendaki atas segala keadaan dan kondisi di alam semesta. Semua yang terjadi adalah berdasarkan kehendak-Nya. Allah berfirman, "Allah hendak menerangkan (hukum syari'at-Nya) kepadamu, dan menunjukimu kepada jalan-jalan orang yang sebelum kamu (para Nabi dan shalihin) dan (hendak) menerima taubatmu. Dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS An-Nisa': 26)

 

16. Aliman (Maha Mengetahui)

 

Allah Maha Mengetahui segala sesuatu di alam semesta, baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi. Tidak ada yang tersembunyi dari pengetahuan-Nya. Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS Al-Anfaal: 75)

 

17. Hayyan (Maha Hidup)

 

Allah Maha Hidup tanpa pernah tidur, lengah, lelah, atau mati. Allah adalah Sumber Kehidupan yang abadi. Allah berfirman, "Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya." (QS Ali Imran: 2)

 

18. Sami'an (Maha Mendengar)

 

Allah Maha Mendengar segala sesuatu di alam semesta. Tidak ada yang terlupakan dari pendengaran-Nya. Allah berfirman, "Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa." (QS Ibrahim: 39)

 

19. Bashar (Maha Melihat)

 

Allah Maha Melihat segala hal yang terjadi di alam semesta. Tidak ada yang tersembunyi dari penglihatan-Nya. Allah berfirman, "Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu." (QS Al-Buruuj: 9)

 

20. Mutakkaliman (Maha Berfirman)

 

Allah Maha Berbicara dengan sempurna atas rahmat-Nya kepada alam semesta sebagai ciptaan-Nya. Dia berbicara melalui wahyu-Nya dan kitab-Nya. Allah berfirman, "Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung." (QS An-Nisa': 164)

 

Itulah sifat-sifat wajib bagi Allah yang wajib kita ketahui untuk memperdalam keimanan dan ketaatan kita sebagai umat muslim. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua!!

 

Baca Juga: Luar Biasa, Ini Dia 4 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp