Ini Dia 4 Suplemen yang Bagus Untuk Jamaah Haji

By. Dewi Savitri - 12 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Menunaikan ibadah haji adalah salah satu momen suci yang dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Selama menjalani perjalanan spiritual ini di Tanah Suci Mekkah, sangat penting bagi jamaah untuk menjaga stamina dan kesehatan. Selain makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup, mengonsumsi suplemen yang tepat dapat menjadi bagian penting dalam menjaga kesehatan para jamaah. Berikut adalah beberapa suplemen yang dianjurkan bagi jemaah haji:

 

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh bagi Jamaah Haji dan Umrah

 

1. Vitamin B Kompleks

 

Vitamin B memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi pembentukan energi dalam tubuh. Dengan mempercepat metabolisme dari makanan yang dikonsumsi, vitamin B dapat membantu meningkatkan stamina. Suplemen vitamin B kompleks yang mengandung tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin, asam pantotenat, biotin, dan asam folat dapat membantu jamaah tetap bugar selama ibadah haji.

 

Khususnya bagi para jemaah haji yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan, suplemen vitamin B12 sangat dianjurkan. Sebagian besar sumber vitamin B12 terdapat dalam daging, sehingga jemaah haji dengan pola makan tanpa daging perlu memastikan asupan vitamin B12 yang cukup.

 

2. Vitamin D

 

Kekurangan vitamin D adalah masalah umum di Indonesia, terutama karena kurangnya paparan sinar matahari. Vitamin D sangat penting untuk menjaga stamina. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan penurunan kesehatan secara keseluruhan. Selain mendapatkan sinar matahari sebentar, mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu menjaga tingkat vitamin D dalam tubuhmu.

 

Baca Juga: 6 Tips Cegah Kaki Melepuh Saat Haji & Umrah

 

3. Vitamin C

 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan dapat mengurangi stamina, dan dengan mengonsumsi vitamin C, jamaah dapat membantu menjaga peradangan dalam tubuh tetap rendah. Vitamin C juga membantu dalam penyerapan zat besi dan asam folat, yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Keberadaan sel darah merah yang cukup dalam tubuh akan membantu jamaah terhindar dari anemia yang dapat menyebabkan kelelahan dan letih.

 

4. Zat Besi

 

Zat besi adalah mineral penting untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi adalah penyebab umum anemia di Indonesia. Mengonsumsi suplemen zat besi dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia. Jika kamu khawatir tentang efek samping suplemen zat besi, kamu dapat mengonsumsinya setelah makan atau dengan makanan yang mengandung asam, seperti jeruk, untuk meningkatkan penyerapannya.

 

Baca Juga: Cegah Beser Saat Ibadah Haji, Ini Dia Tipsnya!!

 

Selain mengonsumsi suplemen di atas, penting juga untuk menjaga pola makan seimbang dengan banyak sayur dan buah, istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan cairan, terutama di bawah cuaca panas dan terik di Tanah Suci. Dengan menjaga kesehatan secara baik, jamaah dapat menjalani ibadah haji dengan lancar dan bugar. Semoga ibadah hajimu berjalan dengan baik dan sehat!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp