10 Manfaat Petroleum Jelly yang Praktis Untuk Dibawa Umrah

By. Dewi Savitri - 13 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Petroleum jelly atau jelly petroleum adalah salah satu produk multifungsi yang dapat memberikan manfaat luar biasa untuk kesehatan kulitmu. Produk ini telah lama digunakan dan diakui karena kemampuannya untuk menjaga kelembapan kulit serta membantu dalam berbagai perawatan kulit. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan sepuluh manfaat luar biasa dari petroleum jelly untuk kesehatan kulit yaitu sebagai berikut:

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Obat Sederhana yang Bisa Dibawa Saat Perjalanan Ibadah Haji

 

1. Mengatasi Kulit Bibir dan Kelopak Mata

 

Salah satu manfaat paling terkenal dari petroleum jelly adalah kemampuannya untuk mengatasi kulit kering, terutama pada bibir dan kelopak mata. Kulit yang kering rentan terhadap pecah-pecah, gatal, dan bahkan luka. Kelopak mata adalah salah satu bagian kulit yang paling tipis dan rawan terluka. Untuk menjaga kelembapan dan melindungi kulit, aplikasikan petroleum jelly saat kulit masih lembap untuk hasil terbaik.

 

2. Membantu Menyembuhkan Luka

 

Petroleum jelly adalah pilihan yang efektif untuk mempercepat penyembuhan luka kecil, seperti goresan atau tergaruk. Salah satu manfaat utamanya adalah menjaga kelembapan, yang mencegah luka terbuka menjadi lebih parah. Dengan membersihkan bekas luka secara rutin, Anda bahkan tidak perlu menggunakan antiseptik.

 

3. Mencegah Peradangan Kulit

 

Peradangan kulit dapat timbul karena gesekan antara permukaan kulit, pakaian yang ketat, atau aktivitas fisik yang intens. Untuk mencegah peradangan kulit, oleskan petroleum jelly pada area yang rentan, seperti kaki dan paha.

 

4. Merawat Ruam Akibat Pemakaian Popok

 

Bayi sering mengalami ruam akibat pemakaian popok yang terus menerus. Kelembaban dan pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali bisa menjadi penyebabnya. Untuk merawat ruam popok, gunakan petroleum jelly setiap kali mengganti popok. Dengan perawatan yang tepat, ruam bayi dapat membaik dalam waktu tiga hingga empat hari.

 

5. Merawat Kelembaban Kuku

 

Bagi yang sering melakukan manicure dan pedicure, kuku bisa kehilangan kelembaban dan menjadi kering. Untuk mencegah ini, oleskan petroleum jelly di sekitar kuku dan kutikula saat melakukan perawatan kuku. Ini akan membantu mencegah kerusakan kuku dan kulit yang mengelupas.

 

6. Merawat Kulit Wajah dan Badan

 

Petroleum jelly bisa menggantikan lotion tubuh dan wajah. Untuk menjaga kulit tetap lembap, aplikasikan petroleum jelly setelah mandi. Ini juga bermanfaat jika area hidung Anda cenderung kering atau rentan terhadap alergi.

 

Baca Juga: 10 Sunscreen Terbaik Untuk Dibawa Saat Ibadah di Tanah Suci

 

7. Mengobati Tumit Pecah-pecah

 

Penggunaan sepatu hak tinggi dapat membuat kulit tumit pecah-pecah. Petroleum jelly dapat membantu merawat kulit tumit dengan merendam kaki dalam air hangat yang ditambahkan dengan garam secara berkala. Setelah itu, keringkan kaki dan aplikasikan petroleum jelly sebelum memakai kaus kaki katun.

 

8. Merawat Kulit Tangan

 

Aktivitas sehari-hari atau pekerjaan dapat membuat kulit tangan kering. Untuk menjaga kesehatan kulit tangan, oleskan petroleum jelly setelah membersihkan tangan. Ini akan membantu mengunci kelembaban dan mempercepat penyembuhan jika ada luka atau goresan di kulit tangan.

 

9. Membersihkan Makeup

 

Petroleum jelly adalah pembersih makeup yang efektif, terutama untuk area mata. Gunakan cotton bud dengan petroleum jelly untuk menghapus makeup yang sulit dijangkau. Pastikan untuk menutup mata selama proses pembersihan makeup.

 

10. Mencegah Noda pada Kulit

 

Saat mewarnai rambut atau mengecat kuku, noda seringkali menempel di kulit. Untuk mencegah hal ini terjadi, aplikasikan petroleum jelly sebelum melakukan proses pewarnaan. Noda akan lebih mudah dibersihkan, dan kulit Anda tetap bersih.

 

Baca Juga: 5 Pelembap Terbaik untuk Temani Perjalanan Ibadahmu

 

Petroleum jelly adalah produk yang sangat serbaguna dalam perawatan kulit kamu. Manfaat-manfaat di atas membuktikan bahwa produk ini adalah salah satu solusi terbaik untuk menjaga kulit tetap sehat, terawat, dan terlindungi. Jadi, manfaatkan petroleum jelly untuk merawat kulit kamu dengan baik.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp