Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan: Pahala Seperti Haji?

By. Darma Taujiharrahman - 15 Sep 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Bulan Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan melakukan berbagai bentuk ibadah. Selain itu, Ramadhan juga merupakan waktu yang penuh berkah, di mana Allah membuka pintu surga selebar-lebarnya dan menutup pintu neraka rapat-rapat.

 

Baca juga: Hukum Mencium Hajar Aswad bagi Umat Muslim

 

Dalam atmosfer keberkahan ini, umat Islam dianjurkan untuk merenungi dan mendalami keutamaan berbagai amal ibadah, termasuk umroh. Apakah benar pahala umroh di bulan Ramadhan seperti pahala haji?

 

Pintu Keberkahan Dibuka Lebar-lebar

Pada bulan Ramadhan, kita diberkahi dengan kesempatan yang luar biasa untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ini adalah bulan di mana amal ibadah kita dilipatgandakan. Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menjelaskan,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat."

 

Hal ini menunjukkan bahwa amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan memiliki bobot yang jauh lebih besar di mata Allah SWT. Oleh karena itu, setiap ibadah yang kita lakukan selama bulan ini memiliki keutamaan yang istimewa.

 

Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan

Salah satu bentuk ibadah yang dapat kita pertimbangkan selama bulan Ramadhan adalah umroh. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Nabi SAW bersabda,

فَإِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فَاعْتَمِرِي ، فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً مَعِي

"Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku."

 

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah keutamaan ini hanya berlaku untuk wanita yang menjadi subjek hadis tersebut. Wanita tersebut awalnya tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji bersama Rasulullah SAW karena kurangnya biaya.

 

Namun, ketika bulan Ramadhan tiba, Rasulullah SAW memberikan nasehat kepada wanita tersebut untuk berumrah, dan dia menyatakan bahwa pahala umroh di bulan Ramadhan setara dengan ibadah haji.

 

Namun, ada juga pendapat dari sebagian besar ulama dan muhadditsin yang menyatakan bahwa keutamaan ini bukan hanya dikhususkan untuk wanita tersebut. Keutamaan ini dapat berlaku untuk semua orang yang berumrah pada bulan Ramadhan.

 

Umroh di bulan Ramadhan adalah kesempatan yang luar biasa untuk mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Meskipun ada perbedaan pendapat mengenai apakah keutamaan ini hanya berlaku untuk wanita tertentu atau semua umat Islam, yang jelas adalah bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat berharga untuk menjalankan umroh.

 

Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah haji, meningkatkan keimanan, dan mendekatkan diri kepada Allah. Sebagai umat Islam, mari manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan sebaik-baiknya dan meraih keberkahan yang Allah sediakan untuk kita semua.

 

Baca juga: Jangan Coba-coba!! Ini Dia Hukum Haji Menggunakan Uang Haram

 

Wallahu A'lam Bisshowab

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp