Ini Dia 5 Tips Aman Liburan ke Kawah Ijen Banyuwangi

By. Dewi Savitri - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Kawasan Ijen adalah salah satu keajaiban alam yang menawarkan pengalaman luar biasa, tetapi perlu diingat bahwa keselamatan harus menjadi prioritas utama saat Kamu berkunjung ke sini. Inilah beberapa tips yang perlu Kamu ketahui sebelum merencanakan perjalanan ke Kawah Ijen.

 

Baca Juga: Uniknya Wadi Jinn, Begini Penjelasan Ilmiahnya

 

1. Perhatikan Status Kawah Ijen

 

Kawasan Ijen sering ditutup ketika kandungan belerangnya terlalu tinggi, yang dapat membahayakan keselamatan para penambang dan pengunjung di area tersebut. Ini berarti bahwa meskipun Kamu sudah tiba di lokasi, Kawah Ijen masih dapat ditutup sewaktu-waktu. Pihak pengelola sangat memperhatikan keselamatan semua orang yang beraktivitas di sini, jadi pastikan untuk selalu memantau status kawah sebelum berangkat.

 

2. Waspadai Asap Belerang

 

Meskipun Kamu berada di dalam kawah, asap belerang dengan kadar tinggi dapat menyerang tiba-tiba. Jika kondisi fisik tidak kuat, bau yang menyengat tidak hanya akan menyebabkan pusing dan batuk, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, bahkan hingga menyebabkan kematian. Oleh karena itu, selalu waspadai perubahan cuaca dan kondisi di dalam kawah, dan segera meninggalkan kawasan jika Kamu merasa tidak nyaman.

 

3. Siapkan Kendaraan dan Kondisi Fisik

 

Perjalanan menuju Kawah Ijen melalui Banyuwangi melibatkan jalan yang curam dan berliku. Pastikan kendaraanmu dalam keadaan baik dan siap untuk menghadapi perjalanan yang menantang, terutama jika Kamu berencana untuk berkendara di malam hari. Jalanannya sangat curam, bahkan dengan kemiringan hampir 45 derajat. Selain itu, pastikan kondisi fisikmu dalam keadaan prima sebelum memulai pendakian.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Kunjungi Karimunjawa

 

4. Persiapkan Pakaian Hangat

 

Suhu di Kawasan Ijen dapat mencapai suhu yang sangat rendah, terutama pada bulan Mei hingga September. Suhu bisa mencapai 5 derajat Celsius. Untuk menghindari hipotermia, pastikan Moms menyiapkan pakaian hangat. Selalu gunakan pakaian hangat saat Kamu menunggu di puncak kawah. Untungnya, ada banyak warung makan di area Paltuding atau area parkir tempat kamu bisa menikmati teh panas sebelum memulai pendakian atau setelah turun dari pendakian.

 

5. Berhenti di Warung Makan Lokal

 

Tidak perlu membawa makanan berat karena ada banyak warung makan di sekitar Kawah Ijen. Kamu dapat menikmati teh panas atau makanan hangat lainnya di sini sebelum atau setelah pendakian. Di kilometer kedua, Kamu akan menemukan pondok teh hangat atau kopi. Ini adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat jika Kamu merasa lelah atau lapar. Selain itu, tempat ini adalah tempat istirahat para penambang belerang, sehingga Kamu dapat merasakan pengalaman yang lebih dekat dengan aktivitas mereka.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Tips Agar Tetap Nyaman Selama Perjalanan Jauh di Pesawat

 

Dengan memperhatikan tips di atas, Kamu dapat menikmati keindahan Kawah Ijen dengan aman. Ingatlah untuk selalu menghormati petunjuk dari pihak pengelola dan mengutamakan keselamatanmu dan orang lain saat menjelajahi tempat ini yang begitu unik dan menakjubkan









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp