Dua Kalimat Ringan dalam Lisan, Namun Berat Saat Ditimbang

By. Ibnu Fikri Ghozali - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

batrmuritour.com-untuk mempererat hubungan antara sang makhluk dan sang Khaliq. Perlu adanya komunikasi sang makhluq dengan Allah SWT. Salah satu Cara yang pas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan sering menyebut-Nya melalui dzikir. Kecintaan seorang hamba sudah sepatutnya untuk selalu disebut nama sang Khaliq di bibir hambanya. Seperti apa yang terkandung dalam surat Al-Baqoroh ayat 152.

 

Baca juga: Sejarah Damaskus: Kota Tertua di Wilayah Timur Tengah dan Kejayaan Islam

 

Allah SWT berfirman :

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al Baqarah : 152)

Apabila kita telisik lebih dalam, makna yang terkandung dalam surat tersebut tak lain hanya untuk mengingat Allah SWT melalui dzikir. Sejatinya Allah SWT telah berjanji kepada hambanya bahwa seorang hamba yang mengingat-Nya, maka akan diingat Kembali oleh Allah SWT.

Banyak sekali ayat Al-Qur’an ataupun dari Hadist Nabi yang memerintahkan hambanya untuk berdzikir. Dalam sabda Nabi Muhammad SAW, terdapat sabdanya yang menyebutkan bahwa ada kalimat paling ringan namun berat saat ditimbang. Ayat tersebut mampu mengantarkan hambanya untuk menuju ke Syurga.

 

Baca juga: Ini Dia Keistimewaan Kuda dan Unta dalam Al-Quran

 

Rasulullah SAW bersabda :

كَلِمَتَانِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ، ثَقِيلَتَانِ فِى الْمِيزَانِ ، حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

 

“Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai Allah Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat ‘Subhanallah wabihamdihi, subhanallahil ‘azhim’ (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya, Mahasuci Allah Yang Maha Agung).” (HR Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072).

 

Baca juga: Tetap Khusyu & Tidak Rewel, Ini Dia 6 Adab Bawa Anak ke Masjid

 

Dalam hal ini, hendaknya kita selalu menyebut nama Allah SWT melalui dzikir. Karena perintah tersebut sudah diperintahkan melalui firman-Nya. Jadi, kita sebagai hambanya sudah seharusnya untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui amalan tersebut.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp