Kapan Awal dan Akhir Waktu Sholat Maghrib?

By. Darma Taujiharrahman - 08 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Annabil!!! taukah kalian tentang amalan pengganti sholat?  Berikut ini penjelasan seputar sholat serta beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan dalam amalan sholat.

 

Sholat merupakan salah satu amalan ibadah yang sudah dipastikab bahwa hukumnya adalah wajib. Hal ini berdasar bahwa sholat merupakan bagian dari salah satu rukun islam yaitu pada urutan rukun nomor dua. Lantas kapankah sebenarnya seorang muslim diwajibkan melaksanakan amalan ibadah sholat? Yuk simak penjelasan berikut.

 

Dalam Qs. An-Nissa ayat 103 telah dijelaskan dari firman Allah SWT bahwa “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”

 

Perintah shalat disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui peristiwa yang saat ini dikenal dengan sebutan isra’ mi’raj.

 

Sedangkan seluruh ketentuan teknisnya juga telah disampaikan dan disepakati oleh seluruh ulama di dunia.

 

Kaum muslimin seluruhnya sepakat bahwa shalat wajib terdiri dari lima waktu dengan ketentuan waktu yang khusus. Waktu-waktu tersebut menjadi syarat sahnya sholat yang mana terbadi dalam waktu utama dan waktu longgar. Berikut penjelasan waktu utama dan waktu longgar pada amalan ibadah sholat Maghrib.

 

Baca juga: Kapan Awal dan Akhir Waktu Sholat Ashar?

 

Waktu Sholat Maghrib

 

Mengenai awal waktu dari sholat maghrib adalah ditandai dengan terbenamnya matahari, pendapat ini adalah yang banyak dijadikan pegangan oleh para ulama.

 

Namun kebanyakan ulama mengalami perbedaan pendapat dalam hal waktu sholat Maghrib yaitu karena waktunya yang tidaklah longgar (luas).

 

Dalam hadist Abdullah bin Amru tentang sholatnya Nabi SAW bersama Jibril dijelaskan yang diriwayatkan oleh Muslim “Dan waktu shalat Maghrib adalah selama syafaq (sinar merah) tidak lenyap”.

 

Sebagian ulama berpendapat bahwa shalat Maghrib tidak memiliki waktu luas sebagaimana pendapat yang banyak dipakai yaitu dari Imam Malik dan Syafi’i.

 

Dalam mazhab Syafi’i, terdapat dua pendapat mengenai waktu Maghrib. Menurut pendapat pertama, terdapat dalam qaul qadim, bahwa waktu Maghrib itu sejak terbenam matahari hingga hilang awan merah atau syafaq. Adapun pendapat kedua, terdapat dalam qaul jadid, bahwa waktu Maghrib itu hanya sebentar sejak terbenam matahari.

 

Namun, Imam An-Nawawi menyatakan dalam Minhaj At Talibin bahwa qaul qadim atau pendapat pertama dari dua pendapat Syafi’i di atas adalah pendapat yang paling kuat. Demikian pula disebutkan dalam kitab Nihayat Az Zain, kitab fiqh yang bermazhab Syafi’i, bahwa waktu Maghrib adalah mulai dari terbenamnya matahari tepat sampai hilangnya syafaq. Adapun dalam kitab Al Muqaddimah Al Hadramiyah juga disebutkan bahwa waktu Maghrib adalah dari terbenam matahari sampai hilangnya asy syafaq al ahmar atau awan merah.

 

WaAllahu a'lam bissowab

 

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com

 

Baca juga: 

Kapan Awal dan Akhir Waktu Sholat Dzuhur?

Apakah Sholat Wajib? Ketentuan dan Hukum Sholat



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp