Ini Dia 4 Tips Belanja di Makkah

By. Dewi Savitri - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batmuri!! Makkah, atau lebih dikenal sebagai Mekah, merupakan tujuan utama bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai tempat beribadah, Makkah juga menawarkan pengalaman wisata belanja yang tak terlupakan. Sebelum Kamu berwisata belanja di kota suci ini, ada beberapa hal penting yang perlu Kamu ketahui:

 

Baca Juga: Bisa Dikunjungi Setelah Ibadah, Ini Dia 7 Destinasi Wisata di Jeddah

 

1. Jam Buka

 

Mayoritas pertokoan di Mekah buka mulai pukul 09.00 hingga tengah malam setiap hari, dari Sabtu hingga Kamis. Sementara itu, beberapa toko di sekitar Masjidil Haram tetap buka 24 jam. Ini memberi Kamu fleksibilitas waktu untuk berbelanja kapan pun Kamu inginkan. Selain itu, supermarket besar seperti Bin Dawood, Panda, Noori, dan Carrefour, juga buka sejak pagi hingga tengah malam.

 

2. Ragam Buah Tangan

 

Mekah menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang dapat Kamu bawa pulang. Ini termasuk Alquran, sajadah, tasbih, dan air Zamzam, yang semuanya memiliki nilai religi yang tinggi. Di samping itu, suvenir lainnya yang populer termasuk alat musik ouds, parfum, dan siwak (sikat gigi kayu). Jika Kamu mencari kurma, lebih baik membelinya di Taif, kawasan pegunungan 100 km di timur Mekah, karena harganya biasanya lebih murah di sana. Emas juga menjadi oleh-oleh favorit wisatawan karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang sangat baik.

 

Baca Juga: Ini Dia 4 Tempat Wisata Belanja di Jeddah

 

3. Tempat Belanja

 

Makkah memiliki beragam tempat untuk berbelanja. Salah satunya adalah Abraj Al Bait, sebuah mal lima lantai yang sangat modern dan dekat dengan Masjidil Haram. Di sekitar Masjidil Haram, Kamu juga dapat menemukan banyak pertokoan kecil yang menjual oleh-oleh khas Mekah. Kawasan Aziziyah dikenal sebagai tempat untuk berbelanja barang-barang mewah, sementara Al Ghaza dan Ajiad merupakan pusat perbelanjaan parfum. Makkah Mall, yang terletak dekat dengan stasiun kereta Mina, juga merupakan pilihan yang baik. Untuk variasi lebih lanjut, Kamu dapat mengunjungi Al Diyafa Mall di arah barat.

 

4. Tawar Menawar

 

Selain pertokoan modern, Mekah juga memiliki pasar tradisional seperti Souq Al Otaibi, yang terkenal sebagai pasar tekstil. Saat berbelanja pakaian tradisional Arab di sini, jangan ragu untuk tawar menawar. Tawar menawar adalah bagian yang penting dalam budaya berbelanja di Mekah dan dapat membantu mendapatkan harga yang lebih baik.

 

Baca Juga: Masyaallah !!! Inilah Keajaiban Jabal Magnet di Madinah

 

Dengan memahami panduan ini, Kamu dapat menikmati pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan bermanfaat di Makkah, sambil menjaga anggaran dan mendapatkan oleh-oleh yang berharga untuk orang-orang tercinta di rumah









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp