Rekam Biometrik Syarat Wajib Haji Tahun Ini?

By. Darma Taujiharrahman - 08 Mar 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Annabil sekalian, berikut ini beberapa informasi terkini tentang kuota keberangkatan Haji bagi masyarakat Indonesia pada tahun 1444 H / 2023 M. Yuk simak informasi berikut.

 

Dilansir dari laman HIMPUHNEWS, untuk pertama kalinya, Pemerintah Arab Saudi mewajibkan kepada seluruh calon jemaah haji untuk melakukan rekam biometrik pada penyelenggaraan haji tahun 1444 H/2023 M.

 

Rekam biometrik tersebut akan menentukan terbit-tidaknya visa jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

Perekaman biometrik terdiri dari beberapa data antara lain perekaman sidik jari, perekaman foto, perekaman kornea mata serta perekaman tanda tangan

 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), M Firman Taufik, rekam biometrik dapat dilakukan melalui dua opsi, yaitu secara mandiri oleh masing-masing calon jemaah haji, atau difasilitasi melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) bagi calon jemaah haji khusus.

 

Meski begitu pada dasarnya, perekaman biometrik untuk visa ini adalah bersivat privasi sehingga lebih baik untuk dilakukan secara mandiri. Tapi dalam rangka memfasilitasi kemudahan, bagi jamaah Haji dapat meminta bantuan kepada PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus). Berdasarkan informasi yang dijelaskan oleh tim Arab Saudi bahwa satu device bisa digunakan untuk melakukan rekam biometrik 10.000 jemaah haji.

 

Berdasarkan keterangan Sekretaris Jendral (Sekjen) Himpunan Pengelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), M Firman Taufik menyampaikan, proses rekam biometrik melalui Saudi Visa Bio sendiri relatif mudah. Kriteria device yang dibutuhkannya pun tidak mewah, yang penting sudah dilengkapi dengan kamera.

 

Lebih lanjut, karena rekam biometrik ini sifatnya mandatori atau wajib. Namun saat ini aplikasi untuk melakukan rekam biometrik belum dibuka, oleh karena itu Himpuh minta agar aplikasinya (Saudi Visa Bio) dapat segera dibuka, sehingga jemaah bisa lebih cepat melakukan rekam biometrik.

 

Perekaman bimoterik dapat dilakukan melalui mobile phone atau smartphone dengan mengunduh aplikasi Saudi Visa Bio.

 

Sekian informasi seputar haji bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi seputar haji dan umrah terupdate, kunjungi kami di website https://www.batemuritour.com/

 

Baca juga:



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp