Ini Dia 5 Kuliner Legendaris di Malioboro, Sudah Pernah Coba??

By. Dewi Savitri - 16 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Yogyakarta, dengan segala pesona wisatanya, juga dikenal sebagai surganya kuliner. Ketika kamu berkunjung ke Jogja, kamu tak hanya akan dimanjakan oleh keindahan alam dan budaya, tetapi juga oleh hidangan lezat yang menggugah selera. Jalan Malioboro, salah satu destinasi terkenal di Jogja, adalah tempat ideal untuk mencicipi berbagai kuliner legendaris khas kota ini yang menggoyang lidah. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak ulasan tentang 5 kuliner legendaris Jogja di Jalan Malioboro yang harus kamu cicipi!

 

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Kuliner di Pekalongan yang Lezat dan Menggugah Selera

 

1. Lumpia Samijaya

 

Jika kamu sedang berjalan-jalan di Jalan Malioboro, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi lumpia Samijaya, hidangan legendaris Jogja. Warung kecil ini telah berdiri sejak tahun 1970-an dan dikenal dengan camilan lumpia gorengnya yang gurih. Lumpia ini digoreng saat Kamu memesannya, sehingga akan selalu tiba di meja dalam keadaan kriuk renyah. Kamu dapat memilih antara varian ayam dan telur puyuh spesial. Lumpia Samijaya adalah camilan sempurna saat kamu menikmati keramaian Jalan Malioboro.

 

Alamat: Jl. Malioboro No. 18, Yogyakarta

 

Jam Buka: 08.00 - 21.00 WIB

 

2. Kopi Joss Angkringan Lik Man

 

Tidak ada yang lebih sempurna daripada menikmati malam di Jogja dengan secangkir kopi panas racikan Lik Man. Penikmat kopi pasti akan terpesona oleh aroma kopi yang bercampur dengan arang membara yang langsung diambil dari tungku. Keunikan dari kopi ini adalah arang membara yang memberikan rasa dan aroma khas. Selain kopi, Angkringan Lik Man juga menyajikan beragam camilan, termasuk sate usus ayam dan sate telur puyuh. Nikmati sensasi duduk lesehan sambil menyeruput kopi dan menyantap camilan di tengah suasana malam yang tenang di Jogja.

 

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta

 

Jam Buka: 14.00 - 02.00 WIB

 

3. Wedang Ronde Mbah Payem

 

Saat Kamu menikmati semangkuk wedang ronde yang disajikan oleh Mbah Payem, aroma jahe yang harum akan membangkitkan selera makanmu. Wedang ronde Mbah Payem berbeda dari yang lain karena diracik dengan cara tradisional. Bahkan, tepung beras yang digunakan sebagai isian wedang ronde adalah tepung beras yang ditumbuk sendiri, bukan yang siap saji. Dengan rasa dan aromanya yang khas, wedang ronde Mbah Payem adalah pilihan sempurna untuk malam yang panjang di Jogja.

 

Alamat: Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Yogyakarta

 

Jam Buka: 19.00 - 02.00 WIB

 

Baca Juga: 5 Toko Oleh-oleh Lengkap di Banuyuwangi

 

4. Oseng Mercon Bu Narti

 

Bagi pecinta makanan pedas, Oseng Mercon Bu Narti adalah pilihan wajib saat Kamu berkunjung ke Jogja! Hidangan jeroan sapi yang dibumbui dengan cabai rawit dikenal dengan nama "mercon" yang berarti petasan, karena rasanya yang sangat pedas. Rasanya sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi putih yang hangat. Konon, Bu Narti menggunakan sekitar 50 kilogram jeroan dan 6-10 kg cabai rawit setiap hari. Hebat, bukan?

 

Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No. 110, Ngampilan, Yogyakarta

 

Jam Buka: 18.00 - 24.00 WIB

 

5. Jajan Pasar Mbah Satinem

 

Untuk mencicipi kuliner khas Jawa yang manis dan gurih, Kamu harus mencoba jajan pasar Mbah Satinem. Dalam satu bungkus daun pisang, Kamu akan menemukan berbagai jajanan seperti lupis, gatot, tiwul, dan cenil. Semua disajikan dengan taburan parutan kelapa dan kuah gula merah yang membuatnya semakin istimewa. Jajan pasar Mbah Satinem adalah sarapan pagi yang sempurna sebelum menjelajahi kota Jogja.

 

Alamat: Jl. Bumijo No. 52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Yogyakarta

 

Jam Buka: 05.00 - 09.00 WIB

 

Baca Juga: 6 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berlibur di Tanah Lot

 

Kuliner legendaris di Jalan Malioboro, Jogja, akan menjadikan liburan mu di Jogja lebih lengkap. Jadi, setelah pandemi berakhir, pastikan Kamu berkunjung ke Jogja dan mencicipi berbagai hidangan lezat yang menggoyang lidah ini. Dengan demikian, Kamu tidak hanya akan menikmati pesona Jogja, tetapi juga membantu memulihkan pariwisata Indonesia. Jadi, ayo berlibur ke Jogja dan nikmati kuliner lezat yang disuguhkan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp