4 Fakta Gumuk Pasir Parangkusumo yang Unik

By. Dewi Savitri - 17 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Gumuk pasir, atau yang dikenal sebagai bukit pasir, adalah sebuah fenomena alam yang terbentuk akibat pergerakan pasir yang terhembus oleh angin. Materi pasir ini kemudian dibawa oleh angin dan menumpuk membentuk gundukan pasir yang mengagumkan. Salah satu tempat yang memiliki gumuk pasir menakjubkan adalah Pantai Parangkusumo di Yogyakarta, yang juga memiliki beberapa fakta unik yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 19.00, dan di sini kami akan mengungkapkan empat fakta menarik yang membuatnya istimewa.

 

Baca Juga: Ini Dia 3 Tips Liburan Seru di Gumuk Pasir Jogja

 

1. Satu-satunya Tempat Sandboarding di Asia Tenggara

 

Gumuk pasir Parangkusumo adalah satu-satunya lokasi di Asia Tenggara yang memungkinkan kamu untuk mencoba sandboarding. Sandboarding adalah olahraga ekstrem yang mirip dengan seluncur salju, di mana kamu berdiri di atas papan dan meluncur turun di atas bukit pasir. Selain sebagai tempat rekreasi yang menghibur, gumuk pasir memiliki fungsi penting lainnya: mencegah abrasi pantai dan melindungi lahan pertanian di sekitar pantai dari angin laut. Untuk mencoba sandboarding, kamu bisa menyewa papan selancar bersama seorang pemandu dengan tarif sekitar 70.000 rupiah.

 

2. Lokasi Syuting Video Klip Artis Terkenal

 

Gumuk pasir Parangkusumo bukan hanya menjadi tempat untuk olahraga ekstrim, tetapi juga lokasi yang digunakan untuk syuting video klip musik. Artis terkenal seperti Cinta Laura pernah mengunjungi tempat ini untuk memproduksi video klip lagu mereka. Keindahan dan keunikan gumuk pasir membuatnya menjadi latar yang menarik untuk pembuatan video musik.

 

Baca Juga: Wisata Alam Hutan Pinus Mangunan, Ini Dia HTM dan Panduannya

 

3. Gumuk Pasir dengan Tipe Barchan

 

Setiap gumuk pasir memiliki jenis atau tipe yang berbeda. Salah satu jenis gumuk pasir yang ada di Parangkusumo adalah tipe "barchan." Gumuk pasir barchan memiliki bentuk menyerupai bulan sabit, di mana kedua tanduknya mengarah searah dengan arah aliran angin. Fenomena ini biasanya terbentuk di tempat-tempat yang memiliki pasokan pasir yang terbatas dan permukaan tanah yang relatif datar, keras, serta minim vegetasi.

 

4. Keunikan Karakteristik Gurun

 

Salah satu hal yang membuat gumuk pasir Parangkusumo sangat unik adalah karakteristiknya yang mirip dengan gurun pasir di Meksiko. Padahal, gumuk pasir ini terletak di daerah dengan iklim yang cenderung basah. Siang hari, suhu di sekitar gumuk pasir bisa sangat panas dan terik, tetapi saat malam tiba, suhu dapat turun secara signifikan. Kombinasi karakteristik iklim dan fenomena ini menjadikan gumuk pasir Parangkusumo tempat yang langka dan unik untuk dieksplorasi.

 

Baca Juga: Bisa Sandboarding, Ini Dia Tips Liburan Seru di Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Itu dia fakta-fakta menarik dan keunikan dari Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Segera rencanakan liburanmu ke Gumuk Pasir yang unik ini dan nikmati pengalaman yang luar biasa menakjubkan!!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp