Ini Dia 4 Tips Berbuka Puasa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

By. Dewi Savitri - 17 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Berbuka puasa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, yang terletak di Kota Mekkah dan Madinah, Arab Saudi, adalah pengalaman spiritual yang tak terlupakan bagi umat Muslim. Di sini, Kamu akan bersama-sama dengan jutaan jamaah dari seluruh dunia yang berkumpul untuk menjalani ibadah Ramadan dengan khusyuk. Namun, karena keramaian dan keunikan suasana ini, ada beberapa tips yang dapat membantumu menikmati berbuka puasa di dua tempat suci ini:

 

Baca Juga: 9 Tips Umrah Saat Bulan Ramadhan, Jaga Tubuh Tetap Fit Agar Ibadah Tetap Nyaman

 

1. Datang Lebih Awal

 

Ketika bulan Ramadan tiba, seluruh kota Mekkah dan Madinah berubah. Toko-toko makanan tutup sepanjang hari dan baru buka menjelang waktu berbuka. Ketika adzan maghrib berkumandang, semua orang berbondong-bondong menuju masjid untuk menjalankan ibadah shalat maghrib. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk datang lebih awal, minimal 1,5 jam sebelum adzan maghrib. Ini akan memberimu peluang lebih baik untuk mendapatkan tempat di dalam masjid, karena tempatnya sering kali penuh sesak.

 

2. Sudah Berwudhu Saat Memasuki Masjid

 

Ketika Kamu tiba di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, perhatikan bahwa tempat berwudhu biasanya terletak di luar masjid. Karena itu, pastikan Kamu sudah berwudhu sebelum memasuki masjid. Jika Kamu keluar dari masjid setelah masuk, ada kemungkinan Kamu tidak dapat kembali masuk, terutama jika masjid sudah penuh sesak.

 

Baca Juga: 10 Tips Puasa Anti Gagal yang Bantu Kamu Lebih Khusyu

 

3. Membawa Bekal dan Botol Minum Sendiri

 

Meskipun masjid menyediakan makanan berbuka dan minuman, disarankan untuk membawa bekal dan botol minum sendiri. Ini akan memastikan Kamu bisa berbuka secara langsung saat adzan berkumandang tanpa harus berdesakan di tempat-tempat berbuka yang sering kali penuh sesak.

 

4. Mencari Tempat yang Nyaman

 

Ketika Kamu berada di dalam masjid, pilih tempat yang nyaman untuk menjalani ibadah dan berbuka. Pastikan tempat yang Kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, jika Kamu tidak ingin kesulitan mencari jalan keluar setelah beribadah, pilihlah tempat shalat yang dekat dengan pintu masuk.

 

Baca Juga: Dapatkan Pahala Haji, Ini Dia 3 Waktu Terbaik Tunaikan Ibadah Umrah

 

Berbuka puasa di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi adalah pengalaman yang luar biasa, karena Kamu dapat merasakan kekhusyukan dan kebersamaan dengan umat Muslim dari seluruh dunia. Ikutilah tips di atas agar Kamu dapat menikmati momen berbuka puasa dengan lebih baik dan menjalani ibadah dengan tenang di dua tempat suci ini. Semoga berbukanya Kamu di sana diberkahi dan penuh kebahagiaan









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp