6 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menikmati Indahnya Pulau Tabuhan

By. Dewi Savitri - 18 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Pulau Tabuhan, sebuah permata tersembunyi di Selat Bali, adalah destinasi wisata yang menawarkan pesona alam luar biasa. Dengan luas hanya 5 hektar, pulau ini memiliki kecantikan yang memikat hati setiap pengunjungnya. Dikelilingi oleh pasir putih dan air laut yang memukau, Pulau Tabuhan adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kota dan menikmati kedamaian alam. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum berlibur ke Pulau Tabuhan:

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Liburan Nyaman ke Banda Neira

 

1. Harga Tiket Masuk & Biaya Ke Pulau Tabuhan

 

Kabar baiknya adalah Pulau Tabuhan saat ini terbuka untuk masyarakat umum tanpa memerlukan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung perlu menyiapkan biaya tiket kapal sekitar Rp290.000,- untuk perjalanan menuju dan dari pulau. Selain itu, tersedia fasilitas tambahan yang dapat disewa oleh para wisatawan, seperti alat snorkeling atau peralatan olahraga air.

 

2. Waktu Terbaik Berkunjung

 

Pulau Tabuhan tidak memiliki jam buka resmi, tetapi mayoritas pengunjung biasanya datang antara pukul 08.00 hingga 15.30. Namun, untuk memaksimalkan pengalamanmu, kami merekomendasikan menghindari musim angin barat yang terjadi antara bulan Desember hingga Maret. Pada musim ini, arus air laut dapat membawa sampah ke bibir pantai, yang mungkin mengganggu kenyamananmu.

 

3. Pesona Kitesurfing dan Windsurfing

 

Pulau Tabuhan memiliki iklim angin yang stabil, menjadikannya tempat yang ideal untuk olahraga kitesurfing (selancar layang) dan windsurfing (selancar angin). Festival Kitesurfing Internasional pertama diadakan di pulau ini pada tahun 2014, dan kembali digelar pada tahun 2017. Festival ini mungkin akan kembali diadakan di masa mendatang. Selain itu, Pulau Tabuhan juga menawarkan berbagai pemandangan menarik yang patut untuk dijelajahi.

 

4. Bersantai di Pantai Pasir Putih

 

Setibanya di Pulau Tabuhan, Kamu akan disambut oleh pantai pasir putih yang memukau. Kamu bisa bermain air atau berenang di perairan dangkal di sekitar pantai. Jika Kamu merasa lelah, ada banyak tempat berteduh di bawah pohon-pohon yang nyaman sambil menikmati suasana pantai yang indah.

 

Baca Juga: Butuh Fisik Prima 3 Wisata di Banyuwangi Ini Sangat Menakjubkan

 

Setelah itu, Kamu bisa menjelajahi pulau dengan berjalan santai. Hanya dibutuhkan sekitar lima belas menit untuk menyusuri pantai pulau ini. Jika Kamu berjalan ke arah tengah pulau, Kamu akan menemukan satu-satunya bangunan permanen di pulau ini, yaitu mercusuar peninggalan masa penjajahan Jepang, yang dulunya digunakan sebagai tempat pengintaian.

 

5. Akses Menuju Pulau Tabuhan

 

Akses terdekat ke Pulau Tabuhan adalah melalui Pantai Bangsring. Dari Kota Banyuwangi, pengunjung diarahkan untuk mengambil arah Pelabuhan Ketapang, lalu ke arah Pantai Watudodol. Kemudian, ikuti petunjuk jalan untuk sampai ke Rumah Apung. Sesampainya di Pantai Bangsring, Kamu dapat menyewa kapal dengan lama perjalanan sekitar 15 menit untuk mencapai Pulau Tabuhan.

 

6. Lokasi Pulau Tabuhan

 

Pulau Tabuhan terletak di Selat Bali, yang merupakan perairan antara pulau Bali dan pulau Jawa. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo.

 

Baca Juga: Ini Dia Keindahan Pulau Derawan yang Menakjubkan

 

Pulau Tabuhan adalah surga yang menunggu untuk dijelajahi oleh para wisatawan petualang. Dengan keindahan alamnya yang memukau dan akses yang mudah, pulau ini adalah destinasi yang sempurna untuk mengisi liburanmu. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pulau ini dan menciptakan kenangan tak terlupakan di tengah keindahan alam Pulau Tabuhan









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp