Keutamaan Menjaga Kesabaran

By. Ibnu Fikri Ghozali - 19 Oct 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Sabar adalah tindakan menahan diri dari sebuah amarah seseorang. Proses sabar inilah yang nantinya akan dihitung oleh Allah SWT sebagai amal baik manusia. Sejatinya, sabar sendiri akan mengantar manusia ke gerbang keridhoan dari sang Kholiq, yaitu Allah SWT.

Baca juga: Yuk Produktif !!! Ini Pesan Imam Ghozali Untuk Memanfaatkan Waktu

Sabar juga termasuk Sebagian dari iman. Sikap ini tentu harus dimiliki oleh seorang muslim untuk menjadi insan kamil di Bumi. Sifat sabar tentunya banyak keutamaan dan keistimewaan di hadapan Allah SWT.

Sedangkan Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk selalu bersabar dalam menghadapi banyak cobaan. Sehingga ada sabda Beliau yang berkaitan dengan sabar  "Sabar ada tiga macam, yaitu sabar menghadapi musibah, sabar melakukan taat/beribadah, dan sabar mengekang diri dari perbuatan maksiat." (HR Ibnu Abi Dunya).

Baca juga: Syair Bushiri dalam Berhati-hati terhadap Pengendalian Hawa Nafsu


Dalam sabda Rasul, bahwa sabar ada tiga macam. Yaitu di saat menghadapi sebuah musibah pada diri seseorang. Misalnya saja bencana alam, dilanda kebakaran atau musibah lainnya. Di sini sifat kesabaran seorang muslim diuji oleh Allah SWT. Sedangkan kedua yaitu sabar melakukan sebuah ketaatan yang berbentuk penghambaan kepada Allah SWT seperti ibadah. Di sini kita diuji keistiqomahan kita sebagai muslim kepada Rabbnya.

Yang terakhir adalah sabar mengekang diri dari perbuatan maksiat. Ini menjaga kesabaran tersulit bagi umat Rasulullah. Pasalnya, di era modern ini, kita sering menjumpai hal-hal yang berkaitan hal-hal maksiat. Di sini juga kita sebagai seorang muslim, dituntut untuk menjaga kesabaran itu semua. Namun, ini bukan omong kosong belaka. Allah akan menjajikan kita kenikmatan yang berlipat bagi siapa yang menjaga kesabarannya.

Allah berfirman dalam sebuah surat at-Thaha pada ayat ke 132. Yang berbunyi :

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى

Yang artinya : "Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan sholat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa."

Baca juga: Nasihat Ali Bin Abi Thalib Tentang Menghormati Orang Tua



Dari sinilah bis akita lihat, betapa dahsyatnya janji Allah SWT kepada hambanya. Allah SWT akan memberi ampun bagi siapa yang bisa menahan kesabarannya. Di sisi lain Allah juga akan memberikan rizki yang lebih bagi siapa saja yang mampu menahan kesabarannya.

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp