Ada Keberkahan Lho Dalam Silaturrahmi !!!

By. Ibnu Fikri Ghozali - 20 Oct 2023

Bagikan:
img

Kita sebagi makhluk sosial yang berhubungan timbal balik antar sesama. Dalam Ilmu sosiologi, mahkluk sosial adalah sebuah konsep ideologis dimana masyarakat atau struktur sosial dipandang sebagai sebuah "organisme hidup".Semua elemen masyarakat atau organisme sosial memiliki fungsi yang mempertahankan stabilitas dan kekompakan dari organisme. Dengan kata lain, manusia tergantung satu sama lainnya untuk menjaga keutuhan masyarakat.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Religi di Kudus yang Bisa Kamu Kunjungi

 Dalam Islam sendiri, kita juga dituntut berinteraksi dengan baik dengan sesama makhluq Allah SWT. Karena dalam sebuah interaksi akan timbul dimana rasa saling membantu, gotong royong dan saling menghargai akan muncul dengan sendiriya. Jadi akan terjalin erat dengan rasa persaudaraan yang sangat tinggi antar sesame manusia.

Dalam hal ini tentu umat Islam juga dianjurkan dengan sebuah silaturahmi terhadap sesama. Karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Oleh sebab itu, silaturahmi yang baik harus selalu terjalin. Dengan adanya silaturahmi maka akan tercipta suatu hubungan yang baik. Kerukunan akan terjalin dan suasana tentram tercipta saat bertemu satu sama lain.

Baca juga: Paket Umrah 30 Hari Full di Bulan Ramadhan, Emang Bisa?

Ini seperti apa yang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW tentang silaturrahmi. Beliau menyebutkan dalam hadist-Nya tentang manfaat yang akan di dapat ketika silaturrahmi dilakukan.

 

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

 

Artinya: Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), hendaklah ia bersilaturahim.

Begitu dahsyat manfaat yang ditawarkan dari sebuah jalinan silaturahmi antar manusia. Dalam hadist tersebut menyebutkan bahwa yang selalu menjalin silaturahmi kepada siapapun akan dilancarkan sebuah rizkinya, dan juga ditangguhkan dari ajalnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Batemuri Gandeng Adib Haramain Beri Layanan Umrah Terbaik

Mari kita sebagai umatnya Nabi Muhammad untuk selalu menjalin silaturrahmi dengan kerabat dekat kita, tetangga atau yang lainnya. Karena di dalamnya banyak keberkahan yang bis akita dapatkan melalui silaturrahmi.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp