Ini Lhoo !!! Do’a Yang Sering Dibaca Nabi Muhammad SAW

By. Ibnu Fikri Ghozali - 20 Oct 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Do’a adalah bentuk pengharapan seorang hamba kepada Tuhannya. Permintaan serta pengaharapan sesuatu selalu keluar dari mulut seorang hamba di saat ia memanjatkan sebuah do’a. Hal ini kerap terucap di saat-saat akhir acara, atau dalam ingin memulai pekerjaan, atau di saat setelah sholat. Baik fardlu maupun sunnah.

Baca juga: Ada Keberkahan Lho Dalam Silaturrahmi !!!

Rasulullah SAW banyak mengajarkan doa-doa sebagai amalan yang dapat dilakukan umat Islam. Beliau memberikan sebuah contoh kepada umatnya agar bisa ditiru oleh para muslimin sebagai pengikut Nabi. Karena sejatinya, berdo’a merupakan nadi dari umat Islam. Bahkan di Islam dikenal dengan sebuah Ikhtiar, ini tentu berkaitan dengan usaha dan do’a.

Do’a merupakan bentuk usaha lahiriah yang dilakukan seseorang di saat ia melakukan sebuah usaha. Tentu ini merujuk juga kepada Rasulullah yang termasuk orang yang sering melakukan do’a, meskipun status Nya sebagai makhluk Allah yang dicintai.

Namun apakah kalian tau, do’a apa yang sering dibaca oleh Rasulullah SAW di saat permunajatan dia bersama sang kekasih, Allah SWT. Dan doa yang paling banyak dibaca Rasulullah SAW adalah doa kebaikan secara umum yang mencakup dunia dan akhirat, atau yang biasa disebut dalam tradisi Islam Indonesia sebagai doa sapu jagat.

Baca juga: Piagam Madinah. Dokumen Orisinil Antar Beragama

Doa ini mengandung banyak keutamaan karena besarnya cakupan permohonan kebaikan. Lafal doa sapu jagat adalah sebagai berikut:

 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النّارِ

 

Mengutip dari NU Online, bahwa do’a sapu jagad ini adalah lafal yang sering dikumandangkan oleh Rasulullah SAW. Adanya seringnya Rasulullah membaca do’a sapu jagad, ini menunjukkan bahwa ada keistimewaan yang terkandung di dalamnya.

Baca juga: Awali Ibadahmu Dengan Niat

Hal ini dapat diketahui dari kesaksian para sahabatnya sebagaimana riwayat hadis berikut ini:

 

عن أنس قال كان أكثر دعاء النبي صلى الله عليه وسلم اللهم ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

 

Artinya, “Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allāhumma, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār, ’’” (HR Bukhari dan Muslim).









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp