Keindahan Danau Kaolin, Keindahan Hasil Galian Tambang Timah

By. Dewi Savitri - 23 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Danau Kaolin, Koba adalah sebuah danau yang terletak di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Danau ini terbentuk dari bekas galian tambang timah dan kaolin. Meskipun terbentuk dari bekas tambang, Danau Kaolin memiliki keindahan alam yang menakjubkan.

 

Baca Juga: Pesona dan Panduan Wisata ke Pulau Padar di NTT

 

Keunikan Danau Kaolin

 

Danau Kaolin memiliki keunikan warna air biru tosca dengan gundukan pasir putih di sekitarnya. Warna biru tosca ini ditimbulkan oleh sisa mineral pertambangan timah dan kaolin. Di bagian pinggir danau terlihat seperti bukit, tanah berwarna putih. Keindahan alamnya pun tak perlu diragukan lagi, danau ini pernah masuk dalam nominasi Destinasi Unik Terpopuler pada Anugerah Pesona Indonesia tahun 2019.

 

Aktivitas di Danau Kaolin

 

Meskipun tidak diperbolehkan untuk berenang di danau ini karena adanya efek radiasi logam radioaktif bekas penambangan biji timah dan kaolin, pengunjung masih dapat menikmati keindahan danau ini dengan berbagai aktivitas, seperti:

 

- Fotografi dan selfie: Danau Kaolin menawarkan pemandangan yang indah dan unik, sehingga cocok untuk dijadikan tempat foto dan selfie.

 

- Menikmati keindahan alam: Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Danau Kaolin dengan berjalan-jalan di sekitar danau atau mendaki bukit di sekitarnya.

 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Seru di Banjarbaru, Kalimantan Selatan

 

Harga Tiket Masuk

 

Untuk masuk ke Danau Kaolin, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk.

 

Jam Buka

 

Danau Kaolin dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam.

 

Baca Juga: 4 Aktivitas dan Fasilitas yang Tersedia di Pulau Tabuhan

 

Danau Kaolin, Koba adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Bangka Belitung. Meskipun terbentuk dari bekas tambang, danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Jangan lupa untuk mengunjungi Danau Kaolin saat berkunjung ke Bangka Belitung









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp