Keutamaan dan Cara Berdoa saat Jalankan Ibadah Umrah

By. Dewi Savitri - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Umroh adalah salah satu ibadah yang sangat dihormati oleh umat Islam. Ibadah ini dilakukan di Tanah Suci Mekah, dengan mengikuti sejumlah rukun dan syarat tertentu. Selain mengandung berbagai keutamaan dan pahala yang luar biasa bagi pelakunya, salah satu momen penting dalam perjalanan umroh adalah saat berdoa. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai keutamaan berdoa saat melaksanakan umroh dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

 

Baca Juga: Mengenal Amirul Hajj di indonesia, Ini Dia Tugasnya

 

Doa adalah salah satu bentuk penghambaan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya serta memohon segala kebaikan. Ketika melakukan umroh, momen berdoa menjadi sangat istimewa karena umat Muslim berada di tanah suci, yang dipercaya sebagai tempat yang penuh dengan berkah dan rahmat Allah.

 

Doa saat umroh memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Jabir ra, bahwa orang-orang yang berhaji dan berumrah adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka datang, dan saat mereka meminta kepada Allah, Allah akan mengabulkan doa mereka. Hal ini juga diperkuat oleh hadits lain yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, yang menyatakan bahwa para haji dan mu'tamir (orang yang melaksanakan umroh) juga adalah tamu Allah yang meminta sesuatu kepada-Nya, dan Allah pasti mengabulkannya.

 

Meskipun berdoa saat umroh bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja di Tanah Suci Mekah, terdapat waktu dan tempat yang lebih utama untuk berdoa. Salah satu waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa adalah saat thawaf, yaitu ketika melakukan tujuh kali mengelilingi Ka'bah. Momen ini adalah saat yang penuh berkah, dan doa-doa yang dimohonkan pada saat ini lebih diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

 

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Bulan Ramadhan di Tanah Suci

 

Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan saat thawaf adalah berdoa di Multazam, yang merupakan bagian dari Ka'bah. Momen ini adalah saat yang sangat istimewa, di mana doa-doa kita lebih mungkin dikabulkan oleh Allah. Oleh karena itu, berdoa di dekat Pintu Ka'bah adalah suatu amalan yang sangat dianjurkan saat melakukan umroh.

 

Selama berdoa saat umroh, tidak ada batasan bahasa yang harus digunakan. Kamu dapat berdoa dalam bahasa yang kamu pahami dengan baik. Yang paling penting adalah memiliki keyakinan bahwa doa-doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah. Namun, tetaplah memperhatikan adab dan sopan santun dalam berdoa, serta hindari doa yang mengandung kemaksiatan.

 

Baca Juga: Mau Limpahkan Porsi Haji Reguler? Begini Syarat dan Ketentuannya

 

Jadi, Berdoa saat melaksanakan umroh adalah salah satu momen berharga dalam ibadah umroh. Keutamaan doa saat umroh, yang dinyatakan dalam hadits, memotivasi umat Islam untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Berdoa di saat-saat istimewa seperti thawaf dan di dekat Pintu Ka'bah adalah praktik yang sangat dianjurkan. Dengan keyakinan yang kuat dan hati yang tulus, doa-doa kita saat umroh akan menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon segala kebaikan dari-Nya









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp