Ini Dia 5 Tips Hadapi Hujan saat Beribadah Haji

By. Dewi Savitri - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Melakukan ibadah haji adalah impian bagi banyak umat Islam di seluruh dunia. Namun, ketika berada di Tanah Suci, terutama Mekkah, cuaca dan perubahan cuaca menjadi faktor yang perlu diperhitungkan. Meskipun hujan di tanah suci jarang terjadi, ketika itu terjadi, bisa menjadi tantangan yang signifikan. Artikel ini akan memberikan tips tentang bagaimana menghadapi hujan saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Thawaf di Masjidil Haram Agar Tidak Tersesat

 

1. Cari Tempat yang Lebih Tinggi

 

Saat hujan turun, langkah pertama adalah mencari tempat yang lebih tinggi. Ini penting terutama jika kamu berada di tempat terbuka atau di jalan. Jalanan bisa dengan cepat berubah menjadi sungai deras akibat hujan deras. Hindari terus-terusan berada di dalam bus atau kendaraan yang berada di jalan, karena kendaraan bisa terendam banjir.

 

2. Hindari Terowongan

 

Jika kamu berada di Mekkah, kamu akan melihat banyak terowongan. Namun, saat hujan turun, hindarilah berlindung di dalam terowongan. Terowongan bisa menjadi jalur pembuangan air, dan kamu berisiko besar terkena banjir atau berbahaya saat berada di dalamnya.

 

3. Cari Tempat Bangunan yang Lebih Tinggi

 

Segera cari tempat yang lebih tinggi dan menjauh dari jalanan. Saat hujan deras, jalanan bisa berubah menjadi sungai yang beralir deras. Temukan bangunan atau struktur yang lebih tinggi untuk berlindung.

 

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sandal Untuk Ibadah Haji dan Umrah di Tanah Suci

 

4. Tetap di Dalam Tenda di Arafah dan Mina

 

Ketika kamu sedang berada di Arafah atau Mina dan hujan turun, yang terbaik adalah tetap berada di dalam tenda. Jangan pergi ke luar karena ini dapat sangat berbahaya. Cuaca buruk dapat menyebabkan sambaran petir atau air bah. Tetaplah tenang di dalam tenda dan ikuti instruksi petugas haji yang berjaga di tempat tersebut.

 

5. Jangan Hujan-Hujanan

 

Terakhir, saat hujan turun, hindari nekat bermain hujan-hujanan. Cuaca yang bisa berubah dengan cepat dan polusi udara sering membuat air hujan menjadi kotor. Lebih baik tetap berada di dalam tenda atau tempat berlindung yang aman.

 

Baca Juga: 6 Tips Atasi Nyeri Telinga Bagi Jamaah Haji & Umrah di Pesawat

 

Penting untuk selalu menjaga keselamatan dan kesejahteraanmu selama menjalankan ibadah haji. Meskipun hujan di Tanah Suci jarang terjadi, tindakan pencegahan dan pengetahuan tentang cara menghadapinya sangat penting. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih tenang meskipun cuaca sedang tidak bersahabat









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp