4 Fakta Pesona Tanjung Kelayang yang Manjakan Mata

By. Dewi Savitri - 25 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki harta karun pariwisata yang luar biasa. Salah satu permata di antara berlian-berlian ini adalah Pantai Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, dan memiliki fakta-fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

 

Baca Juga: 5 Spot Wisata Menarik di Tanjung Kelayang yang Tenangkan Pikiran

 

1. Latar Produksi Film Laskar Pelangi

 

Salah satu fakta menarik yang membuat Pantai Tanjung Kelayang semakin terkenal adalah karena menjadi latar dalam produksi film Laskar Pelangi tahun 2015. Keindahan alamnya menjadi sorotan di layar kaca, dan dampaknya adalah peningkatan antusiasme wisatawan. Kini, Tanjung Kelayang adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan dalam daftar perjalanan para petualang, baik yang berasal dari dalam negeri maupun mancanegara.

 

2. Destinasi Wisata Prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

 

Sejak 2015, Pantai Tanjung Kelayang telah menjadi bagian dari program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas yang diinisiasi oleh pemerintah. Namun, prestasinya tidak berhenti di situ. Pada 14 Maret 2019, pantai ini juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berdasarkan Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2016. Pemilihan Tanjung Kelayang sebagai KEK didasari oleh letaknya yang strategis di antara Indonesia dan negara-negara ASEAN. Pengembangan KEK Tanjung Kelayang berdasarkan konsep "Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation."

 

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Liburan Naik Kapal Agar Tidak Mual

 

3. Gugusan Batu Granit Raksasa Mirip Kepala Burung Garuda

 

Salah satu ciri khas pantai ini adalah gugusan batu granit raksasa yang membentuk kepala burung, mirip burung Garuda. Bebatuan granit ini telah ada selama jutaan tahun. Uniknya, nama "Kelayang" diambil dari nama burung walet yang banyak ditemukan di daerah ini.

 

4. Aktivitas Menarik yang Wajib Dicoba

 

Ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang, kamu akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas yang bisa dicoba. Apakah kamu ingin menjelajahi keindahan bawah lautnya? Kamu bisa mencoba snorkeling atau diving. Jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih berenergi, ada berbagai aktivitas watersport yang bisa dinikmati, seperti ski air. Jadi, jika kamu ingin merasakan keajaiban Pantai Tanjung Kelayang, segera rencanakan perjalananmu dan nikmati penawaran paket tur yang menarik.

 

Baca Juga: Ini Dia 7 Tips dan Trik Menghindari Scam Agen Perjalanan

 

Pantai Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung memiliki banyak fakta menarik yang menjadikannya destinasi pariwisata yang sangat istimewa. Dari latar film terkenal hingga keindahan alam yang mengagumkan, Tanjung Kelayang adalah surga tersembunyi yang perlu kamu eksplorasi. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan perjalananmu dan menikmati semua keajaiban yang ditawarkan Pantai Tanjung Kelayang









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp