Tips Menjalankan Ibadah Umroh

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh,

Atas panggilan dan izin dari Allah Ta’alla, pertama kali mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci pasti memunculkan debar tersendiri di dalam hati. Akan tetapi tidak boleh sampai terlampau terbawa euphoria berlebihan, tentu kamu akan sangat antusias akan pengalaman pertama kali Umroh. Namun, tanpa persiapan yang matang bisa buat pengalaman ibadah Umroh untuk pertama kali justru menjadi tidak lancar dan tidak sesuai dengan keinginan. Tetap konsentrasi beribadah dan pastikan guna melakukan sejumlah persiapan sebagai berikut supaya perjalanan senantiasa lancar.

Lalu, bagaimana agar pengalaman ibadah Umroh pertama kali bisa terlaksanan dengan lancar dan maksimal? Simak tips untuk ibadah Umroh pertama kali berikut:

  1. Memperhatikan Waktu Keberangkatan

 Biarpun umrah bisa dilakukan kapan saja, tetapi kamu mesti jeli menentukannya agar bisa merasa nyaman dan ibadah pun berjalan lancar. Kondisi iklim di tanah suci sangatlah berbeda dengan di Indonesia. Jika jamaah tidak mampu beradaptasi dengan iklim, tak hanya kenyamanan saja yang bisa terganggu, jamaah bahkan bisa sakit karena cuaca. Akibatnya, ibadah Umroh pasti akan terganggu.

Untuk itu, ada baiknya anda menghindari pemilihan jadwal Umroh musim panas dan musim dingin. Saat musim panas, yaitu antara bulan Juni – Agustus, temperatur di Mekkah bisa mencapai 450C. Sedangkan pada saat musim dingin, yaitu antara bulan November – Februari, temperatur malam hari mencapai 80C, sedangkan siang hari berkisar antara 380C – 420C.  

 Salah satu rekomendasi yang tepat untuk melakukan perjalanan  yang cukup aman untuk menunaikan ibadah umroh adalah bulan-bulan akhir tahun yang merupakan awal dari musim dingin sehingga suhu udara sudah tidak terlalu panas. Periode bulan Februari hingga April juga bisa jadi alternatif lainnya karena periode ini merupakan akhir dari musim dingin merupakan era transisi ke musim panas sehingga suhu udara relatif lebih nyaman.

2. Mencari Travel Agent Terpercaya

Tips Umroh untuk jamaah yang baru pertama kali adalah memilih agen travel yang terpercaya. Apalagi, maraknya modus penipuan agen travel, tentu anda  tak ingin ambil resiko gagal berangkat Umroh. Konsultasikanlah dan cari tau pada rekan, saudara, teman, atau testimoni dari orang yang sebelumnya pernah menunaikan Ibadah Umroh untuk rekomendasi agen travel Umroh yang telah terbukti. perhatikanlah testimoni dari jamaah yang pernah memakai jasa travel itu, legalitas hukumnya, dan sistem manajemennya. Pastikan anda harus memilih agen travel yang memiliki izin dan pelayanan yang lebih memuaskan.

https://www.youtube.com/watch?v=OhwR6y_1Ykg

 

3. Persiapkan Rohani dan Jasmani

 Lakukanlah persiapan sebelum berumroh dengan optimal. Dari segi fisik, cobalah latihan berjalan dan lari-lari kecil. Ditambah banyak mengonsumsi air putih, multivitamin, serta tidur dan makan yang cukup. Lakukan juga pemeriksaan kesehatan secara rutin serta vaksinasi untuk memastikan kondisi tubuh fit dan prima untuk melakukan perjalanan umroh ke tanah suci.

Dari sisi mental, kembalilah meluruskan niat Anda berumroh. Tekadkan hanya untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Persiapkan juga hati anda untuk berada jauh dari keluarga anda selama beberapa hari.

Adapun dalam hal pengetahuan, pelajarilah dengan baik proses manasik berumroh. Termasuk doa dan zikir-zikir yang harus Anda lafalkan. Tak hanya itu, cobalah menghafal jalan-jalan dan lokasi penting di Makkah maupun Madinah. Hal ini penting agar Anda nantinya tidak mudah tersesat. Jamaah pun nantinya punya bekal dan informasi yang cukup sebelum berangkat menunaikan ibadah umrah.

4. Mempersiapkan Barang Bawaan Secukupnya

 Jangan memberatkan diri Anda dengan membawa barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Cukuplah menyediakan perlengkapan penting semisal set pakaian ihram, pakaian sehari-hari dan untuk tidur, Al-Quran dan buku doa, keperluan pribadi (peralatan mandi, obat pribadi, charger handphone, dan lain-lain), serta dokumen umroh. Point ini bertujuan agar jamaah tetap bisa focus dan prima saat menjalankan ibadah umroh.            

Anda bisa berkonsultasi dengan agen travel atau kerabat yang pernah menunaikan ibadah Umroh mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan. Atau mencari informasi-informasi yang dibutuhkan di media sosial seputar perjalanan umroh. Dengan persiapan yang matang, jamaah bisa beribadah dan menikmati kegiatan umrah di tanah suci Mekkah. Selamat menunaikan ibadah umroh.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh

 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp