Museum Ullen Sentalu, Informasti Harga Tiket dan Operasional

By. Darma Taujiharrahman - 10 Mar 2023

Bagikan:
img

batermuritour.com - Hasi sobat BeHappy!!! bagaimana kabarnya sekalian, pasti kalian sudah sangat mengenal Museum Ullen Sentalu yang menjadi destinasi primadona wisata malam bagi kalian sobat BeHappy yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Berbeda dari kebanyakan museum yang ada di Indonesia, Museum Ullen Sentalu hadir dengan arsitektur gothic yang biasanya menjadi khas bangunan di wilayah Eropa dengan dipadukan kemegahan koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini juga memiliki nuansa yang rindang dan sejuk dengan dikelilingi berbagai pepohonan rindang. Selain itu, terdapat pula relief dan patung dari bebatuan alam yang menambah fantastisme destinasi ini.

 

Nama museum ini menggunakan falasah Jawa 'Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku' yang berarti terang merupakan penuntun jalan kehidupan. Museum ini juga banyak digemari dan dikenal sebagai salah satu destinasi wajib pada urusan seni dan budaya yang berada di kaki Gunung Merapi.

 

Untuk sobat BeHappy sekalian, artikel ini akan merangkum beberapa informasi yang dapat kalian gunakan sebelum berangkat ke sana. Pastikan dibaca sampai habis agar lebih leluasa saat berkunjung.

 

Baca juga: 5 Rekomendasi Pantai Gunungkidul, Destinasi Khas Yogyakarta

 

Museum Ullen Sentalu, Foto oleh: @visitdiy //www.instagram.com//

 

Lokasi museum

 

Museum Ullen Sentalu berlokasi di Jalan Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari Malioboro sobat BeHappy perlu menempuh sekitar 27 kilometer dengan durasi perjalanan kurang lebihnya adalah 50 menit.

 

Untuk pergi ke Museum Ullen Sentalu, sobat BeHappy sekalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum yang telah disediakan. Jika ingin mengunjungi menggunakan kendaran pribadi, sobat BeHappy dapat memiliki rute Jalan Palagan Tentara Pelajar dan menempuh jarak 19,4 kilometer dengan 36 menit perjalanan.

 

Namun, jika memustuskan untuk pergi menggunakan transportasi umum, akan memakan cukup waktu perjalanan yaitu bisa mencapai 60-90 menit. Untuk rekomendasinya, ikuti runtutan berikut:

 

- Pertama, naiklah Bus TransJogja rute 2B atau 3B dan berhenti di shelter Ring Road Utara-Kentungan.

- Ganti dengan angkot rute Yogyakarta-Pakem dan berhenti di Pasar Pakem.

- Ganti lagi dengan angkot rute Pakem-Kaliurang, kemudian turun di Taman Kaliurang.

- Terakhir, berjalanlah 600 meter melalui Jl. Boyong untuk sampai ke Museum Ullen Sentalu.

 

Sabagai catatan, kebanyakan angkot di Yogyakarta akan beroperasi pada 08.00-14.00 WIB dengan jadwal yang tidak pasti. Oleh karena itu, untuk lebih mengefisiensi waktu gunakanlah kendaraan pribadi, rental, maupun ojek daring.

 

Museum Ullen Sentalu, Foto oleh: @royalmalioboro //www.instagram.com//

 

Baca juga: Tempat Belanja Murah dan Nyaman Jakarta, Thamrin City

 

Jam operasional dan harga tiket

 

Dilansir situs resminya, Museum Ullen Sentalu memiliki jam operasional mulai 08.30-16.00 WIB pada Selasa-Minggu, sedangkan pada hari Senin adalah libur. Destinasi ini menjadi rekomendasi utama untuk kalian yang ingin memperbanyak stok foto wisata. Museum ini memliki daya tarik kuat pada sektor pemandangan dan lanskap museum, maka pijakilah setiap detilnya hingga puas. Sudah pasti, ilmu pengetahuan dan stok fotomu akan makin berlimpah.

 

Sementara itu, harga tiket Musem Ullen Sentalu dibedakan dalam dua kelas sesuai jenis tur yang dipilih, yakni Adiluhung Mataram dan Vorstenlanden. Pada tur Adiluhung Mataram, pengunjung dikenakan tarif Rp50 ribu per orang, sedangkan tur Vorstenlanden dipatok Rp100 ribu per orang.

 

Khusus bagi pengunjung reguler atau yang berjumlah kurang dari 15 orang boleh membeli tiket secara langsung. Namun, jika datang rombongan dengan lebih dari 15 pengunjung perlu melakukan booking atau reservasi ke terlebih dulu, ke nomor 0274 880158.

 

Aktivitas yang dapat dilakukan

 

Menyusuri seluruh area museum

Museum ini memiliki luas hingga 1,2 hektare dan keseruannya sudah dapat dinikmati sejak gerbang awal memasuki wilayah museum. Saat masuk kamu akan disambut dengan jajaran artshop juga beberapa restauran dengan desain yang menarik. Sepanjang penjajakan sobat BeHappy akan menikamti jalur museum yang berupa  undakan, kelokan, dan labirin yang memukau. Di sekitarnya juga terdapat gapura, taman, kolam, dan sejumlah relief.

 

Mengikuti program jelajah budaya

Program ini merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh manajemen museum kepada para pengunjung. Program ini bertujuan untuk mengenalkan ragam seni dan budaya di luar museum kepada pengunjung, baik di sekitar museum, Kaliurang, hingga Kotagede. Program jelajah tersebut dapat diikuti oleh rombongan kecil atau besar. Namun, khusus rombongan besar perlu reservasi terlebih dulu

 

Mengikuti klub diskusi di Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu rutin mengadakan acara diskusi. Sesuai namanya, klub ini membahas sejumlah tema mengenai budaya. Maksimal peserta yang bisa ikut adalah 10 orang sehingga lebih kondusif. Untuk temanya sendiri ditetukan oleh pihak museum. Nah, di luar acara diskusi, museum ini sering memutar film dokumenter sejarah berdirinya kraton dan terbentuknya Kota Yogyakarta.

 

Museum Ullen Sentalu, Foto oleh: @royradjaini //www.instagram.com//

 

Sekian tips BeHappy kali ini, semoga wisata sobat BeHappy sekalian menjadi lebih Happy. Bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten wisata lainnya silahkan hubungi email kami di tour.batemuri@gmail.com

 

Mari ramaikan dan terus lestarikan wisata negeri ini

 

Baca juga: Candi Borobudur Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp