5 Tips Aman Menyeberang Jalan bagi Jamaah Haji Indonesia di Tanah Suci

By. Dewi Savitri - 31 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Bagi jamaah haji Indonesia yang tengah menjalani ibadah di Tanah Suci, menyeberang jalan bisa menjadi momen yang menuntut kehati-hatannya. Lalu lintas yang padat dan beragam kendaraan dapat menjadi potensi bahaya jika tidak mematuhi aturan dan prinsip keselamatan. Mashuri Masyhuda, seorang petugas haji Indonesia dari Seksi Transportasi Daerah Kerja Makkah, memberikan beberapa tips aman bagi seluruh jamaah haji saat menyeberang jalan.

 

Baca Juga: Mengenal Amirul Hajj di indonesia, Ini Dia Tugasnya

 

1. Fokus pada Saat Menyeberang

 

Hal pertama dan utama yang perlu diperhatikan adalah fokus saat menyeberang jalan. Jamaah haji harus memusatkan perhatian pada jalan dan melihat arah datangnya kendaraan. Juga, perlu melihat ke arah tujuan saat menyeberang.

 

2. Hindari Kegiatan Lain Saat Menyeberang

 

Hindari melakukan kegiatan lain saat menyeberang, seperti berlari, mengobrol di ponsel, membaca pesan, atau bahkan mengambil foto atau video. Semua aktivitas tambahan ini dapat mengalihkan perhatian dan meningkatkan risiko kecelakaan.

 

3. Tidak Makan atau Minum Saat Menyeberang

 

Jamaah haji sebaiknya tidak makan atau minum sambil menyeberang jalan. Ini bukan hanya berbahaya, tetapi juga tidak sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad, yang menganjurkan untuk makan dan minum sambil duduk. Menjaga kesehatan adalah penting, tetapi harus dilakukan dengan aman dan di tempat yang sesuai.

 

Baca Juga: Tiba di Tanah Suci, Ini Dia 4 Tips Aman bagi Petugas dan Jamaah Haji

 

4. Meminta Bantuan Petugas

 

Jika merasa butuh bantuan atau kurang percaya diri saat menyeberang jalan, jamaah haji sebaiknya meminta bantuan petugas yang ada di sekitar. Meskipun terlihat sepele, namun meminta bantuan petugas adalah tindakan bijak. Petugas akan membantu mengatur lalu lintas dan memastikan keamanan jamaah saat menyeberang.

 

5. Mengikuti Instruksi Petugas

 

Petugas transportasi di pos pantau jalan akan membantu jamaah menyeberang dengan aman. Mereka akan mengamati situasi kendaraan di jalan dan menghentikan kendaraan yang diperlukan untuk memberikan kesempatan kepada jamaah untuk menyeberang dengan aman. Meskipun tidak semua pengemudi selalu patuh terhadap instruksi petugas, ini adalah langkah penting dalam menjaga keselamatan.

 

Baca Juga: 5 Tips Cegah Kaki Bengkak Selama di Pesawat Saat Ibadah Haji

 

Mengikuti tips-tips di atas akan membantu jamaah haji Indonesia untuk menjalani ibadah dengan aman dan lancar di Tanah Suci. Keselamatan adalah hal yang sangat penting, dan menjaga prinsip-prinsip keselamatan saat menyeberang jalan akan memastikan bahwa seluruh rangkaian ibadah berjalan dengan baik dan selamat. Semoga semua jamaah haji Indonesia dapat kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan penuh berkah setelah menyelesaikan ibadah haji mereka









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp