Hutan Mangrove Kulon Progo, Harga Tiket dan Operasional

By. Darma Taujiharrahman - 10 Mar 2023

Bagikan:
img

batermuritour.com - Hasi sobat BeHappy!!! bagaimana kabarnya sekalian, pasti kalian sudah sangat mengenal Hutan Mangrove Kulon Progo yang menjadi destinasi primadona wisata bagi kalian sobat BeHappy yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Muasalnya Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Mangrove merupakan tanaman hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam. Tanaman mangrove tidak dilindungi/dilarang untuk memanfaatkan bagian-bagian tanaman tersebut, misalnya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku kosmetik/farmasi atau bahan tambahan tekstil.

 

Keunikan serta gaya tumbuh yang cukup lebat pada daerah rawa-rawa menjadikannya memiliki nilai keindahan yang berharga. Hutan mangrove menjadi sumber yang sangat jelas untuk menjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat. Selain itu, manfaat hutan mangrove juga akan membantu manusia dalam mendapatkan iklim dan cuaca yang paling nyaman untuk mencegah bencana alam.

 

Baca juga: Upside Down World Jogja, Harga Tiket dan Operasional

 

Salah satu Kawasan hutan mangrove yang memiliki pemandangan indah dan menawan adalah yang terletak di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta tidak jauh dari Pantai Congot. Hutan mangrove ini berfungsi untuk mencegah abrasi dengan memecah ombak laut menjadi lebih tenang.

 

Kawasan awalnya merupakan bagian wilayah konservasi ini telah berubah menjadi tempat wisata yang tidak hanya menyejukkan, indah namun juga memiliki nilai-nilai edukasi sehingga banyak diminati oleh wisatawan. Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi kawasan konservasi bakau pertama di Yogyakarta dan menjadi bagian wisata kulon progo.

 

Spot foto Upside Down World Jogja, sumber foto @kulonprogo.ig //www.instagram.com//

 

Daya tarik hutan mangrove Kulon Progo

 

Daya Tarik Hutan ini adalah areanya yang memiliki luas sekitar tiga kilometer dengan terbagi menjadi tiga kawasan wisata, yaitu Mangrove Pasir Mendhit (paling barat), Mangrove Jembatan Api Api (tengah), dan Mangrove Pantai Kadilangu (paling timur).

 

Kawasan wisata ini dipenuhi dengan berbagai pemandangan hijau mangrove serta indahnya pesisir pantai.  Hutan Mangrove Kulon Progo juga memiliki berbagai spot foto yang dapat menjadikan liburanmu penuh kenangan unik  dengan latar belakang jajaran tanaman mangrove dan pantai. Beberapa spot foto yang dimiliki Hutan Mangrove Kulon Progo, yaitu gazebo, ayunan, jembatan Api Api, gua, jalan bambu di antara pohon bakau, dan masih banyak spot lainnya.

 

Wisatawan juga dapat menikmati naik perahu keliling Mangrove Pasir Mendhit atau Mangrove Wana Tirta menuju Mangrove Pantai Kadilangu yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Selama naik perahu, wisatawan akan menikmati rimbunnya hutan mangrove yang dijaga masyarakat setempat.

 

Selain keindahan dan keasrian alam, kawasan mangrove juga menjadi habitat berbagai jenis burung dan binatan rawa mulai dari burung kuntul, udang, kepiting, belanak, biawak, dan berbagai burung langka lainnya. Wisatawan juga dapat menikmati kuliner dengan menu olahan ikan laut sebelum pulang, seperti udang, kepiting, maupun ikan laut.

 

Harga tiket dan jam operasional

 

Harga Tiket Hutan Mangrove Kulon Progo Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Hutan Mangrove Kulon Progo akan dikenakan tiket masuk sekitar Rp 3.000 - Rp 5000 untuk kawasan wisata yang berbeda-beda.

 

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jam Buka Hutan Mangrove Kulon Progo Hutan Mangrove Kulon Progo mulai buka pukul 07.00-18.00 WIB.

 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati kawasan mangrove dapat menyesuaikan dengan jam buka. Rute Hutan Mangrove Kulon Progo Jarak tempuh Hutan Mangrove Kulon Progo dari Kota Yogyakarta sekitar 47 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1-2 jam. Perjalanan akan melalui Jalan Yogya-Wates dan Wates Purworejo. Banyak papan petunjuk untuk menuju Hutan Mangrove Kulon Progo.

 

Spot foto Upside Down World Jogja, sumber foto @s.n.madina //www.instagram.com//

 

Sekian tips BeHappy kali ini, semoga wisata sobat BeHappy sekalian menjadi lebih Happy. Bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten wisata lainnya silahkan hubungi email kami di tour.batemuri@gmail.com

 

Mari ramaikan dan terus lestarikan wisata negeri ini

 

Baca juga: Museum Ullen Sentalu, Informasti Harga Tiket dan Operasional

Baca juga: Candi Borobudur Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM

 

Sumber:

jogja.antaranews.com

dinpar.kulonprogokab.go.id

sibakuljogja.jogjaprov.go.id

visitingjogja.jogjaprov.go.id

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp