5 Olahraga yang Dianjurkan dalam Islam, Sudah Coba yang Mana??

By. Dewi Savitri - 02 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Rasulullah Muhammad SAW memberikan pedoman hidup yang lengkap, termasuk dalam hal menjaga kesehatan fisik dan mental. Salah satu aspek penting dari pedoman ini adalah olahraga. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah, yang mudah dilakukan dan bermanfaat bagi kesehatanmu.

 

Baca Juga: 10 Tips Berkuda Bagi Pemula Agar Tetap Aman

 

1. Jalan Cepat

 

Salah satu olahraga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah adalah jalan cepat. Beliau sering kali berjalan dengan cepat, bahkan sampai membuat sahabat-sahabatnya kesulitan untuk mengikutinya. Ini adalah olahraga sederhana yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Jalan cepat membantu meningkatkan kebugaran fisik dan kardiovaskularmu.

 

2. Berlari

 

Berlari adalah olahraga lain yang dianjurkan oleh Rasulullah. Ini adalah olahraga praktis yang dapat dilakukan tanpa biaya tambahan. Rasulullah bahkan pernah mendukung para sahabatnya dalam perlombaan lari. Olahraga ini membantu meningkatkan daya tahan fisik dan mentalmu.

 

3. Berenang

 

Rasulullah juga menganjurkan berenang. Renang adalah olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dan membantu membakar kalori. Rasulullah mengatakan bahwa berenang adalah salah satu aktivitas yang tidak sia-sia dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Ini adalah olahraga yang baik untuk kesehatan fisik dan juga dapat membantu Kamu menjaga berat badan.

 

Baca Juga: Inilah 5 Adab Memanah dalam Islam yang Harus Diperhatikan

 

4. Berkuda

 

Berkuda adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah. Meskipun tidak semua orang memiliki akses ke kuda, berinteraksi dengan hewan ini memiliki manfaat tersendiri. Ini tidak hanya membantu Kamu secara fisik, tetapi juga dapat meningkatkan insting dan hubunganmu dengan hewan.

 

5. Memanah

 

Memanah adalah olahraga yang memerlukan konsentrasi, ketangkasan, dan ketepatan. Rasulullah menganjurkan olahraga ini karena memanah melibatkan konsentrasi dan kekuatan fisik. Ini juga mengajarkan kendali diri dan fokus.

 

Baca Juga: Ini Dia 4 Manfaat Memanah yang Dianjurkan dalam Islam

 

Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat dalam Islam. Rasulullah memberikan contoh-contoh ini sebagai cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Jadi, jika Kamu mencari cara untuk meningkatkan kesehatanmu, pertimbangkan untuk mengikuti anjuran Rasulullah dalam hal olahraga. Olahraga sunnah ini tidak hanya baik untuk tubuhmu, tetapi juga untuk jiwamu. Selamat mencoba









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp