Keunikan di Tanah Suci

By. Danan - 30 Jan 2023

Bagikan:
img

Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh,

Menunaikan ibadah haji merupakan impian setiap umat karena haji merupakan salah satu rukun Islam yang mensyaratkan mampu dan khusus sekali. Selain perjalanan spiritual yang merupakan bagian dari Ibadah, ternyata haji menyimpan banyak fakta menarik tentu kita akan mengalami banyak hal unik dan baru kita lihat, terkadang merasa aneh dan lucu. Apa saja hal-hal unik yang bisa ditemui dimekkah dan juga madinnah? Simak ulasan berikut ini.

  1. Bahasa Indonesia Sangat Familiar

Hal unik pertama yang bisa kita jumpai adalah familiarnya bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia di tanah suci merupakan hal yang lumrah. Jika anda shalat di luar masjid Nabawi, anda akan menemukan tulisan yang berbunyi “Batas Terdepan Untuk Shalat” yang artinya anda tidak boleh melebih garis tersebut untuk beribadah dan hanya imam masjid yang boleh melewati garis tersebut. Selain Bahasa Indonesia sering di gunakan oleh para petugas keamanan di Makkah dan Madinah, Bahasa Indonesia juga familiar di kalangan para pedagang-pedagangnya. Jika berbelanja, para jamaah Indonesia tak mesti memaksakan diri menggunakan bahasa arab atau inggris, karena mereka sudah sangat familiar dengan bahasa Indonesia. Proses tawar menawar pun bisa dilakukan dengan bahasa Indonesia.

2. Tak ada closet duduk di toilet Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Hal unik selanjutnya adalah toilet di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak memiliki closet duduk. Jadi jika kita buang air, lubang kloset seperti sangat dalam sekali karena saat buang air seolah-olah jauh jatuh ke airnya, dan seperti mengalir di bagian bawah kloset. Dan toilet jongkok disana tidak memiliki tingkatan sehingga toilet jongkoknya sama rata dengan ubin. Beda dengan di Indonesia yang membedakan tingkatan posisi toilet dengan ubinnya.

3. Speaker di Masjidil Haram

Keunikan selanjutnya terletak di pengeras suara di Masjidil Haram, karena bentuknya tidak besar-besar seperti di Indonesia. Bentuk speaker di Masjidil Haram seperti mangkuk mie, tapi dipasang di setiap lengkung antara tiang sehingga keseimbangan suara yang dihasilkan begitu menggema dan menyentuh hati setiap jamaah yang mendengarkannya.

4. Mobil Mahal Berdebu

Anda pasti akan terheran dan kebingungan melihat mobil-mobil di sekitaran Mekkah yang sangat bagus-bagus dan bermerek, namun sayang jarang ada yang bersih dan mengkilap seperti di Indonesia, kebanyakan mobil-mobil disana tertutupi debu.

5. Tutupnya Toko di Waktu Shalat

Para pedagang disana kerap menutup toko-toko mereka saat waktu shalat telah tiba. Karena mereka sangat mengutamakan perintah dari Allah sebagai bentuk ketaatan kepada Sang Pencipta dan Pemberi rejeki, sehingga mereka tidak ragu-ragu meninggalkan toko mereka sebab mereka yakin bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Sehingga tak jarang kalian akan melihat banyak toko-toko yang hanya tertutup setengah atau bahkan hanya diberikan tanda tutup saja saat adzan berkumandang.

6. Pelayanan Kesehatan dan Keamanan Selama Ibadah

Arab Saudi menyiapkan personel keamanan khusus untuk ibadah Haji kurang lebih sebanyak 63 ribu pasukan, 22 ribu diantaranya berasal dari sipil, dan 6000 kendaraan. Ada sekitar 20 ribu petugas kesehatan untuk membantu jamaah Haji. Hal ini adalah bentuk komitmen untuk peribadatan umat muslim, dan menjaga keberlangsungan agama.

 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp