Waktu Terbaik untuk Sholat Dhuha: Menyambut Kebahagiaan Pagi

By. Ibnu Fikri Ghozali - 07 Nov 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Ibadah ini dilakukan pada waktu tertentu di pagi hari dan memiliki banyak keutamaan yang terkait dengan pahala dan keberkahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas waktu terbaik untuk sholat Dhuha dan mengapa melaksanakannya dapat menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari seorang Muslim.

 

Baca juga: Mengenal Istilah-Istilah Dalam Fiqh: Memahami Hukum Islam dengan Lebih Mendalam

 

Sholat Dhuha adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang dianjurkan. Ibadah ini dilakukan antara waktu terbit matahari hingga sebelum masuk waktu Dzuhur. Meskipun sholat Dhuha tidak wajib, melaksanakannya dapat mendatangkan banyak keutamaan dan pahala, serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Waktu terbaik untuk sholat Dhuha adalah sejak matahari mulai naik setinggi tombak (sekitar 10-20 menit setelah terbit) hingga sebelum masuk waktu Dzuhur. Dalam konteks waktu sholat Dhuha, terdapat beberapa pendapat yang menerima kesimpulan bahwa waktu sholat Dhuha bisa dilakukan dalam beberapa waktu yang berbeda:

 

  1. Tiga atau Empat Rakaat: Sholat Dhuha bisa dilakukan dalam tiga rakaat atau lebih. Beberapa ulama merekomendasikan untuk melaksanakannya dalam empat rakaat, tetapi tiga rakaat juga diterima.

  2. Waktu Terbit Matahari: Ada yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk sholat Dhuha adalah ketika matahari masih di ufuk timur, yaitu saat terbit. Ini adalah waktu yang paling diutamakan, tetapi selama periode antara terbit matahari hingga sebelum Dzuhur, sholat Dhuha masih dapat dilakukan.

 

Baca juga: 7 Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Kota Lama Semarang

 

Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan, seperti yang ditekankan dalam hadis Nabi Muhammad SAW:

  • Rasulullah SAW bersabda, "Di dalam tubuh setiap orang terdapat 360 sendi, dan setiap orang yang berpuasa memiliki sedekah setiap hari. Dalam sehari 360 kali, ketika Anda sholat Dhuha, Anda memberikan sedekah kepada setiap sendi di tubuh Anda." (HR. Muslim)

  • Sholat Dhuha adalah penyegar bagi hati yang terbebani oleh kesibukan dunia.

  • Melaksanakan sholat Dhuha dapat menghapus dosa dan kesalahan.

  • Sholat Dhuha membantu dalam mencapai ketenangan dan ketenangan spiritual.

 

 

Baca juga: 7 Cara Gunakan Toilet di Pesawat Agar Tetap Aman dan Nyaman

 

Sholat Dhuha adalah ibadah sunnah yang penuh dengan keutamaan dan pahala. Waktu terbaik untuk melaksanakannya adalah pada pagi hari, mulai dari terbit matahari hingga sebelum waktu Dzuhur. Dengan melaksanakan sholat Dhuha, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan hati, dan merasakan ketenangan dalam kesibukan hidup kita. Jangan lewatkan kesempatan untuk melaksanakan sholat Dhuha dan mengambil manfaat dari keberkahannya dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai seorang Muslim.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp