Wisata ke Danau Tolire Maluku Utara, Ini Dia Panduannya!!

By. Dewi Savitri - 08 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Ketika Kamu berkunjung ke Maluku Utara, jangan lewatkan untuk menjelajahi salah satu objek wisata alam yang menarik, yaitu Danau Tolire. Danau ini terletak di kaki Gunung Gamalama dan memiliki pesona alam yang memukau. Selain keindahan alamnya, cerita legenda yang mengitari danau ini juga menambah daya tariknya.

 

Baca Juga: 5 Tips Liburan ke Grand Canyon Pengandaran Agar Aman dan Nyaman

 

Lokasi Danau Tolire

 

Danau Tolire sebenarnya terbagi menjadi dua kawasan, yakni Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Keduanya terpisah sejauh 200 meter, dan setiap hari, banyak pengunjung yang menyambangi objek wisata ini. Lokasi Danau Tolire terletak di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung tertinggi di Maluku. Administratif, danau ini berada di Kabupaten Ternate, Maluku Utara, tepatnya di Desa Tokame, Kecamatan Ternate Barat.

 

Akses Menuju Danau Tolire

 

Akses menuju Danau Tolire sangat mudah dijangkau, baik menggunakan motor maupun mobil. Perjalananmu akan melalui jalan beraspal hitam yang mulus, sehingga perjalanan akan terasa nyaman. Jika Kamu berangkat dari Kota Ternate, rute menuju Danau Tolire hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 10 menit, dengan jarak sekitar 10 kilometer antara keduanya.

 

Harga Tiket Masuk Ke Danau Tolire

 

Salah satu hal yang menarik tentang Danau Tolire adalah Kamu tidak akan dikenai tiket masuk saat berkunjung ke sana. Meskipun begitu, pengunjung akan dikenai retribusi parkir sebesar Rp. 5.000 untuk setiap unit kendaraan. Biaya parkir ini dimaksudkan untuk keamanan dan sewa lahan parkir.

 

Baca Juga: 5 Tips Jelajahi Pantai Sukamade yang Indah dan Menawan

 

Jam Operasional Danau Tolire

 

Danau Tolire memiliki jam operasional yang sangat fleksibel, sehingga pengunjung dapat mengunjungi tempat ini kapan saja. Wisata ini buka selama 24 jam, dari Senin hingga Minggu. Namun, lebih disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada siang hari agar Kamu dapat menikmati keindahan danau dengan jelas dan menyenangkan. Pada malam hari, kawasan ini belum tersedia penerangan yang memadai.

 

Fasilitas di Danau Tolire

 

Fasilitas adalah hal penting yang menjadi pertimbangan pengunjung sebelum mengunjungi suatu tempat wisata. Danau Tolire juga menyediakan berbagai fasilitas yang akan menunjang liburanmu disana. Fasilitas tersebut termasuk toilet, saung dan gazebo, tempat makan dengan beragam menu, tempat parkir yang luas, dan masih banyak lagi. Dan yang terbaik, fasilitas ini dapat dinikmati oleh pengunjung secara gratis.

 

Baca Juga: 4 Fakta dan Tips Berkunjung ke Danau Weekuri

 

Dengan keindahan alam yang memukau, cerita legenda yang menarik, serta fasilitas yang memadai, Danau Tolire merupakan tempat yang sempurna untuk berwisata di Maluku Utara. Jelajahi keindahan alam dan legenda yang mengitari danau ini, serta nikmati momen yang tak terlupakan selama perjalananmu. Pastikan untuk menjaga kebersihan danau dan alam sekitarnya agar destinasi ini tetap indah untuk generasi mendatang. Selamat menikmati keindahan Danau Tolire di Maluku Utara









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp