5 Daya Tarik Danau Tolire yang Wajib Kamu Tau Sebelum Liburan Kesini

By. Dewi Savitri - 08 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Danau Tolire di Maluku Utara merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memikat dengan pesona keindahannya. Selain lokasinya yang indah, banyak mitos dan legenda yang melengkapi daya tarik danau ini. Sebelum Kamu berkunjung, ada beberapa hal menarik yang perlu Kamu ketahui, termasuk mitos, legenda, dan daya tarik lainnya.

 

Baca Juga: Eksplore Keindahan Pantai Sukamade, Banyuwangi

 

1. Mitos Harta Karun

 

Masyarakat setempat meyakini bahwa di dasar Danau Tolire terdapat banyak harta karun. Mitos ini berkaitan dengan peninggalan zaman Kesultanan Terate di abad ke-15. Konon, harta karun tersebut sengaja dibuang ke dalam danau untuk menghindar dari penjarahan oleh tentara Portugis yang saat itu menjajah daerah Ternate. Meskipun hanya sebuah mitos, cerita ini menambah misteri dan daya tarik Danau Tolire.

 

2. Legenda Danau Tolire

 

Legenda terbentuknya Danau Tolire menjadi cerita menarik lain yang melengkapi pesona danau ini. Legenda tersebut masih diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat setempat. Konon, pada zaman dahulu, terdapat seorang ayah dan anak yang hidup sejahtera di sebuah desa. Sayangnya, mereka terlibat dalam hubungan terlarang, yang akhirnya membuat mereka meninggalkan desa tersebut. Keduanya kemudian dikutuk, dan tanah tempat mereka berpijak berubah menjadi kubangan air. Kubangan tersebut menjadi Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil.

 

3. Bentuk Seperti Cawan Raksasa

 

Daya tarik lain dari Danau Tolire adalah bentuknya yang unik, mirip dengan cawan raksasa. Keunikan bentuk ini menjadi salah satu daya tarik khusus dari danau ini dan membuatnya tampak menonjol di antara destinasi wisata alam lainnya.

 

Baca Juga: Wisata ke Danau Tolire Maluku Utara, Ini Dia Panduannya!!

 

4. Tidak Boleh Menangkap Ikan

 

Meskipun danau ini merupakan habitat bagi berbagai jenis ikan air tawar, warga setempat dan pengunjung dilarang keras untuk menangkap ikan atau hewan lain di dalam danau. Larangan ini berakar dari mitos yang beredar di masyarakat setempat, bahwa di dasar danau terdapat penunggu berupa buaya putih yang tidak boleh diganggu.

 

5. Atraksi Melempar Batu

 

Salah satu atraksi unik di Danau Tolire adalah melempar batu. Konon, jika Kamu melempar batu ke arah danau, batu tersebut tidak akan menyentuh permukaan air danau. Atraksi ini selalu menarik minat pengunjung dan menjadi salah satu pengalaman yang patut dicoba.

 

Baca Juga: 5 Tips Liburan ke Grand Canyon Pengandaran Agar Aman dan Nyaman

 

Sebelum mengunjungi Danau Tolire, mengenal mitos, legenda, dan daya tariknya akan membuat perjalananmu lebih berarti. Ini juga dapat membantu Kamu mempersiapkan kunjunganmu dengan lebih baik. Selamat menikmati keindahan alam dan misteri yang mengelilingi Danau Tolire saat berkunjung ke Maluku Utara









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp