Tips Touring Karimunjawa 2023, Rekomendasi Paket

By. Darma Taujiharrahman - 14 Mar 2023

Bagikan:
img

Karimunjawa adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Karimunjawa merupakan kepulauan yang terletak di tengah Laut Jawa.

 

Nama Karimunjawa disinyalir pertama kali (menurut cerita) muncul dari sejarah saat putra sunan muria yang sekaligus murid sunan kudus yang dikenal nakal, Syekh Amir Hasan dibuang ke kepulauan tersebut. pulau karimunjawa bila dilihat dari kejauhan seperti "kerimun-kerimun". Oleh karena itu, pulau tersebut dinamai karimun asal kata kerimun-kerimun.

 

Dalam hal wisata, kepualan Karimunjawa menjadi salah satu destinasi yang menjanjikan bagi para traveler sejati. Pasalnya berbagai pemandangan alam pantai yang sangat menawan banyak tersaji di kepulauan tersebut. Salah satu value wisata yang paling menjanjikan adalah nuansa snorkling dengan pemandangan dasar laut yang dipenuhi trumbu karang dan ikan-ikan laut.

 

Baca juga: 2 Destinasi Wisata Turki Versi Hemat, Umroh plus Eropa

 

Berikut ini beberapa tips dan rekomendasi untuk kalian sobat Annabil yang ingin menikmati wisata di Pulau Karimunjawa, yuk simak penjelasan berikut ini.

 

1. Transportasi Laut

 

Untuk mencapai pulau Karimunjawa para traveler diharuskan untuk menyeberang 129 km dari pelabuhan Semarang dan / atau 86,6 km dari pelabuhan Jepara.

 

Untuk ketersedian serta aksesbilitas kapal yang lebih banyak serta mengurangi lama perjalanan laut, kami merekomendasikan kepada traveler sekalian untuk menyebrang melalui pelabuhan Kartini Kabupaten Jepara.

 

Berikut ini beberapa armada kapal laut yang tersedia pada pelabuhan tersebut

 

a. Bahari Exspress

 

Dengan menggunakan Kapal Exspress Bahari, para traveler cukup menempuh jarak tersebut dengan lama tempuh 2 jam. Hal ini karena kapal ini termasuk kategori kapal cepat.

 

Pada tahun 2023 ini, harga tiket Bahari exspress Jepara - Karimunjawa mengalami kenaikan harga yang cukup  tinggi yaitu 

  VIP Executive
Dewasa Rp. 230.000,- Rp. 200.000,-
Anak-anak Rp. 230.000,- Rp. 200.000,-
Harga Infant  Rp. 32.000,- Rp. 32.000,-

Sumber: https://www.expressbahari.com/tarif

 

Dengan memilih tiket VIP, penumpang telah mendapatkan beberapa fasilitas tambahan menarik mulai dari asuransi, full entertaiment, karaoke, reclining seat, dan ac

 

b. Kapal Ferry Siginjai

 

Sedangkan dengan menggunakan Kapal Ferry Siginjai, traveler memerlukan waktu tempuh yang lebih lama yaitu mencapai 4 jam 30 menit. Kapal ini berjenis Ferry yang juga berfungsi untuk mengangkut berbagai bahan makanan serta alat-alat transportasi seperti truk, mobil ataupun sepeda motor.

 

Sebagaimana pada Bahari Exspress, tahun 2023 ini, harga tiket Kapal Ferry Siginjai Jepara - Karimunjawa mengalami kenaikan harga yang cukup  tinggi yaitu 

  VIP Ekonomi
Dewasa Rp. 127.000,- Rp. 94.500,-
Anak-anak Rp. 127.000,- Rp. 54.000,-
Harga Infant  - -

Sumber: Pelabuhan Kartini Jepara

 

Pemilihan kapal laut Siginjai dirokemendasikan apabila kondisi ombak di lautan dalam kondisi yang tenang, sehingga tidak menyebabkan banyak goncangan saat perjalanan.

 

2. Transportasi Darat

 

Untuk mendapatkan sensasi wisata yang lebih mudah, apabali bertraveling berkelompok sobat BeHappy sekalian dapat menggunakan taksi yang telah tersedia dan resmi pada paguyupan taksi Trans Karimun Jawa.

 

Baca juga: Paket Study Tour Bali, Wisata Edukatif dan Menghibur

 

Berikut beberapa informasi taksi Trans Karimun Jawa

  

Sumber: Trans Karimunjawa

 

Namun apabila kalian hanya berkunjung sendirian dan ingin menggunakan rental motor makan kalian dapat menyewanya dengan tarif Rp 75.000,- per hari dan / atau Rp 50.000,- per setengah hari. Untuk lokasi rentalnya dapat ditemui di setiap sudut transit Karimunjawa seperti di Bandara Dewandaru di Kemujan ataupun di dekat area pelabuhan.

 

3. Penginapan

 

Untuk jenis pilihan penginapan terdiri dari beberapa jenis dengan beberapa tempat yang cukup kami rekomendasikan diantaranya,

Kelas Bintang Nama Penginapan/Hotel
Homestya Fan   Homestay Abe Jay, Nemo Homestay, Azza Homestay
Homestay AC   Homestay RGJS, Asta Homestya, Firzah Homestay, Sadewa, Sama-sama Homestay, dll
Hotel Standart ** Puri Karimun, Asri Jaya, Sunrise View, Wisma Apung, Big K, Lumbung Karimun, Ayu Hotel
Hotel Executive *** Hotel D'season preimere, The Happiness Hills, Joglo Mirabele, Cocohuts, Deepsky View
Resort/Cottage **** Resort Java Paradise, Lagoon Waru Cottage, Halo Resort, Omah Alchy Cottage
Resort ***** Royal Ocean View, Breve Azzurine

 

4. Destinasi Wisata

 

Selain beberapa hal pokok yang sudah kami rekomendasikan, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat dipilih sesuai dengan berapa lama sobat BeHappy sekalian berwisata di Pulau Karimunjawa

Destinasi Aktivitas
Spot Karang Maer Snorkling
Pantai Tanjung Gelam Dokumentasi, dll
Alun-alun Karimunjawa Belanja, Kuliner, dll
Bukit Love Dokumnetasi
Spot Ikan Nemo Snorkling
Terumbu Karang Besar Snorkling
Pulau Cemara Besar Dokumentasi, BBQ
Gosong Gantungan Dokumentasi
Pantai Bobi Dokumentasi
Pantai Pacoran Dokumentasi
Pantai Sunset Dokumentasi

 

Berikut tadi adalah seluruh tips, dan rekomendasi kami tentang touring di pulau Karimunjawa, jika sobat BeHappy membutuhkan informasi seputar paket wisata Karimunjawa kunjungi kamu di www.batemuritour.com, atau hubungi tim marketing kami di 081283862233 dan 085643556783.

 

Sekian tips dari BeHappy Tour dan mari selalu lestarikan wisata alam negeri kita

 

Baca juga: 5 Destinasi Trip Pacitan, 2 Hari 1 Malam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp