Ini Dia 9 Tips Liburan Tanpa Batal Puasa

By. Dewi Savitri - 16 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Memasuki bulan Ramadan tak menghalangi keinginan untuk berlibur. Bagi Sobat yang ingin menjalani liburan namun tetap memperhatikan aktivitas puasa, berikut beberapa tips liburan yang bisa dilakukan agar tetap menyenangkan dan lancar selama masa puasa:

 

Baca Juga: Eksplore Keindahan Pantai Sukamade, Banyuwangi

 

1. Pilih Destinasi Wisata Ramah Muslim

 

Saat berlibur, pastikan destinasi yang dipilih memiliki fasilitas ramah bagi wisatawan Muslim. Cari restoran dengan makanan halal dan fasilitas tempat ibadah. Sebagai contoh, kunjungi Masjid 99 Kubah CPI di Makassar, sebuah ikon Sulawesi Selatan yang megah dan didesain oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

 

2. Bawa Perlengkapan Ibadah

 

Jaga kenyamanan beribadah dengan membawa perlengkapan pribadi. Sajadah, sarung, atau mukena bisa kamu bawa agar bisa beribadah dengan nyaman, bahkan di kamar hotel.

 

3. Sahur dan Berbuka dengan Makanan Sehat

 

Perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi bergizi agar tetap bertenaga dan sehat selama puasa.

 

4. Perhatikan Keseimbangan Cairan dan Nutrisi

 

Agar tetap segar, pastikan konsumsi air putih yang cukup dan tambahan vitamin. Atur pola minum dengan baik selama berbuka dan sahur.

 

5. Kurangi Aktivitas Fisik Berat

 

Liburan saat puasa sebaiknya direncanakan dengan kegiatan yang tidak terlalu melelahkan. Kunjungi destinasi dalam ruangan seperti museum atau galeri untuk menambah pengetahuan tanpa membuatmu kelelahan.

 

Baca Juga: Ini Dia Fakta Dibalik Indahnya Pink Beach dan Tips Liburan Disana

 

6. Istirahat yang Cukup

 

Selain tidak banyak beraktivitas, pastikan juga waktu istirahat yang cukup. Pilihlah hotel yang nyaman untuk istirahat, sehingga kamu bisa menyegarkan diri setelah seharian beraktivitas.

 

7. Perhatikan Waktu Sahur dan Berbuka di Destinasi

 

Pastikan kamu menyesuaikan jadwal liburan dengan waktu sahur dan berbuka di destinasi liburanmu. Dengan begitu, kamu dapat menikmati liburan sambil menjalankan ibadah dengan baik.

 

8. Kunjungi Tempat Wisata di Malam Hari

 

Manfaatkan energi setelah berbuka dengan mengunjungi tempat wisata pada malam hari. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan saat malam tiba, seperti menjelajahi kuliner malam yang menarik.

 

9. Patuhi Protokol Kesehatan

 

Tetap terjaga dari paparan COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. Selalu bawa masker, hand sanitizer, dan tisu untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

 

Baca Juga: Ini Dia 10 Fakta Menarik Masjid Raya Shyeikh Zayed Solo

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, liburanmu tetap bisa terasa menyenangkan dan nyaman saat berpuasa. Semoga liburanmu berkah dan lancar, serta tetap terjaga kesehatannya









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp