Kemenag Akan Lunching Aplikasi RUKOSIJI Tuk Permudaj Jamaah Haji

By. Dewi Savitri - 17 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Kementerian Agama Indonesia terus berinovasi dalam meningkatkan layanan publik, khususnya terkait informasi haji. Dalam rangka transformasi layanan dan digitalisasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) akan meluncurkan Ruang Konsultasi dan Advokasi Haji, atau RUKOSIJI, sebagai fasilitas pelayanan publik yang memudahkan akses informasi haji.

 

Baca Juga: 5 Aplilkasi yang Bisa Mudahkan Kamu saat Beribadah di Tanah Suci

 

Peran RUKOSIJI dalam Pelayanan Haji

 

RUKOSIJI merupakan sebuah inisiatif yang sejalan dengan program prioritas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, serta UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jemaah. Direktur Bina Haji Ditjen PHU, Arsad Hidayat, menjelaskan bahwa tujuan utama RUKOSIJI adalah memberikan ruang konsultasi dan advokasi haji yang terintegrasi dengan berbagai layanan terkait.

 

Fasilitas RUKOSIJI

 

Aplikasi RUKOSIJI akan menjadi sarana utama bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait pelayanan haji. Ketersediaan aplikasi ini secara online memudahkan akses bagi semua kalangan, bahkan bagi masyarakat awam dengan menggunakan smartphone. Selain itu, RUKOSIJI juga dapat diakses secara offline melalui Kantor Wilayah Kemenag, Kabupaten/Kota, hingga PLHUT (Pelayanan Haji Umrah Terpadu).

 

Baca Juga: Apa Itu Nilai Manfaat Dana Haji? Ini Dia Keuntungannya!

 

Fitur Unggulan dan Partisipasi Jemaah Haji

 

Arsad menegaskan bahwa aplikasi RUKOSIJI tidak hanya memberikan informasi terkait haji, tetapi juga memiliki tampilan yang baik dan adaptif, dapat berjalan pada berbagai performance, serta memungkinkan masyarakat untuk memberikan masukan terhadap layanan haji. Melalui aplikasi ini, Kementerian Agama juga akan melibatkan jemaah haji untuk memberikan saran guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Dukungan Terhadap Peningkatan Layanan Haji

 

Dengan kehadiran RUKOSIJI, diharapkan Kementerian Agama dapat lebih responsif terhadap kebutuhan informasi masyarakat terkait haji. Dukungan serta masukan dari jemaah haji diharapkan akan membantu dalam peningkatan kualitas layanan publik, sehingga dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap Kementerian Agama.

 

Baca Juga: Ini Dia Cara Cek Nomor Porsi dan Estimasi Keberangkatan Haji

 

Melalui RUKOSIJI, Kementerian Agama Indonesia menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji. Dengan aplikasi ini, diharapkan pengalaman dalam mempersiapkan dan melaksanakan ibadah haji dapat lebih terfasilitasi dan terpenuhi









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp