Ini Dia Tipe Makanan yang Bisa Perburuk Kondisi Jet Lag

By. Dewi Savitri - 17 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Jet lag dapat membuat perjalananmu kurang nyaman, terutama jika tidak memperhatikan pola makan yang tepat. Beberapa makanan dan minuman dapat memperburuk kondisi jet lag yang Kamu alami. Jangan sampai makanan ini mengganggu kenyamanan perjalananmu.

 

Baca Juga: Sarung Koper Sama, Ini Dia 4 Cara Agar Koper Jamaah Haji Tidak Tertukar

 

1. Kopi dan Alkohol

 

Meskipun menggoda, kopi sebelum penerbangan jauh sebaiknya dihindari. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu peningkatan melatonin, yang berpengaruh pada siklus tidur. Selain itu, kopi juga dapat memperburuk dehidrasi tubuh selama perjalanan. Alkohol juga memiliki efek serupa yang dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu pola tidur alami.

 

2. Makanan dan Minuman Kaya Gula

 

Makanan atau minuman dengan kandungan gula tambahan sebaiknya dihindari untuk mengurangi risiko jet lag. Gula berlebih dapat memberikan dampak negatif pada tingkat energi. Beberapa makanan yang mengandung gula tambahan antara lain yoghurt dengan variasi rasa, smoothie, dan susu gandum.

 

Baca Juga: Dapat 20.000 Kuota Haji Tambahan, Ini Rencana Pembagiannya

 

Selain mengatur pola makan, istirahat yang cukup juga sangat penting setelah perjalanan jauh. Pastikan tubuh Kamu mendapatkan istirahat yang cukup untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan setelah bepergian lintas zona waktu.

 

Dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat sebelum dan selama perjalanan, Kamu dapat membantu mengurangi dampak jet lag dan membuat perjalananmu tetap nyaman.

 

Baca Juga: Ini Dia Cara Cek Nomor Porsi dan Estimasi Keberangkatan Haji

 

Dengan memahami makanan yang dapat memperburuk jet lag, Kamu dapat menghindari gangguan tidur yang tidak diinginkan selama perjalananmu. Semoga tips ini bermanfaat untuk perjalanan Kamu berikutnya









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp