Ini Dia 6 Fakta Menarik Lawang Sewu Semarang

By. Dewi Savitri - 17 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Ketika perjalananmu melintas Kota Semarang, tak bisa dilewatkan destinasi wisata yang ikonik, yaitu Lawang Sewu. Selain sebagai objek wisata yang menarik, Lawang Sewu memiliki cerita sejarah yang dalam, mencerminkan perjuangan Indonesia.

 

Baca Juga: Ini Dia Tipe Makanan yang Bisa Perburuk Kondisi Jet Lag

 

1. Sejarah Perjuangan Museum Perkeretaapian

 

Meskipun kini dikenal sebagai museum perkeretaapian Indonesia, Lawang Sewu menyimpan banyak kisah sejarah. Gedung ini telah menjadi tempat penyimpanan koleksi berharga terkait dunia perkeretaapian di Indonesia. Namun, sebelumnya, bangunan ini digunakan dalam perjuangan sejarah Indonesia.

 

2. Cerita Mistik yang Melekat

 

Meski menjadi tempat wisata yang ramai, kesan mistis Lawang Sewu masih tetap melekat di benak pengunjung. Awalnya dikenal sebagai tempat yang angker, kini dikenal karena koleksi museumnya dan kerap menjadi tuan rumah acara-acara spesial.

 

3. Bangunan Bersejarah Kota Semarang

 

Lawang Sewu merupakan salah satu dari 102 bangunan bersejarah di Kota Semarang yang menjadi objek wisata. Keunikan jumlah pintunya tidak hanya berfungsi sebagai sirkulasi udara tetapi juga memiliki hubungan dengan struktur sosial pada masa penjajahan Belanda.

 

Baca Juga: 10 Tips Atasi Lapar & Haus saat Berpuasa

 

4. Simbol Kekayaan dan Kasta Tertinggi

 

Dibangun menggunakan batu bata keramik oranye, Lawang Sewu melambangkan kekayaan dan kemakmuran pada zamannya. Batu bata ini bukan hanya langka tetapi juga mahal, menjadi simbol kasta tertinggi orang Belanda pada masa itu.

 

5. Desain Unik dengan Ornamen Kaca Patri

 

Bangunan Lawang Sewu memiliki desain unik berbentuk huruf L dengan banyak jendela dan pintu. Ornamen kaca patri yang digunakan, diproduksi oleh Johannes Lourens Schouten, menceritakan tentang keindahan Jawa, kekuasaan Belanda di Semarang dan Batavia, serta kejayaan kereta api.

 

6. Kubah Kecil yang Eksotis

 

Terdapat kubah kecil di puncak menara air Lawang Sewu yang dilapisi tembaga, sementara puncak menara itu sendiri dihiasi dengan hiasan perunggu, menambah eksotisme bangunan ini.

 

Baca Juga: Ini Dia 9 Tips Liburan Tanpa Batal Puasa

 

Lawang Sewu bukan hanya sebuah bangunan bersejarah atau museum perkeretaapian. Ia adalah saksi bisu dari berbagai peristiwa bersejarah, dari masa lalu hingga menjadi tempat yang menginspirasi pengunjung saat ini. Sebuah perjalanan ke Lawang Sewu bukan hanya sekadar wisata, tetapi juga perjalanan melintasi rentang sejarah yang kaya dan menarik









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp