8 Tips Atasi Rasa Kantuk saat Berkendara

By. Dewi Savitri - 17 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Berkendara dalam keadaan mengantuk bisa menjadi sangat berbahaya. Risiko kecelakaan lalu lintas dapat meningkat secara signifikan. Untuk menghindari kecelakaan, berikut beberapa tips yang dapat membantu mengatasi rasa ngantuk saat kamu sedang berkendara:

 

Baca Juga: 7 Perlengkapan yang Wajib Kamu Bawa Saat Liburan ke Pantai

 

1. Tidur yang Cukup Sebelum Berkendara

 

Pastikan untuk mendapatkan cukup tidur sebelum memulai perjalanan. Kurang tidur dapat membuatmu kehilangan fokus dan kewaspadaan yang diperlukan saat berkendara.

 

2. Konsumsi Kafein dengan Bijak

 

Kafein dapat membantu untuk tetap waspada selama perjalanan. Minumlah kopi atau minuman berkafein lainnya jika kamu mulai merasa mengantuk. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi kafein berlebihan.

 

3. Beristirahat dan Tidur Sejenak

 

Jika merasa ngantuk, segera berhenti di tempat yang aman dan tidurlah sejenak. Tidur singkat selama 15-20 menit bisa membantu menyegarkan kembali tubuh dan pikiranmu.

 

4. Lakukan Peregangan Ringan

 

Bagi pengendara motor, jika merasa ngantuk, berhentilah sejenak. Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah selama beberapa menit. Bergerak aktif dapat membantu menjaga kewaspadaan.

 

Baca Juga: 7 Tips Mendaki Gunung Ijen Agar Tetap Aman

 

5. Hindari Konsumsi Obat atau Alkohol

 

Hindarilah minum obat-obatan atau minuman beralkohol sebelum atau selama berkendara. Efeknya dapat memengaruhi konsentrasi dan menambah risiko kecelakaan.

 

6. Beristirahat Setiap Dua Jam

 

Jika melakukan perjalanan jarak jauh, beristirahatlah setiap dua jam sekali. Ini membantu mengurangi kelelahan dan menjaga kewaspadaan saat berkendara.

 

7. Mendengarkan Musik

 

Menyetel musik favorit dapat membantu menjaga kewaspadaan. Musik dapat merangsang otak dan membantu kamu tetap fokus di jalan.

 

8. Ditemani Saat Berkendara

 

Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga untuk menemanimu. Obrolan ringan atau kehadiran seseorang dapat membantu menjaga kewaspadaan.

 

Baca Juga: Ini Dia 9 Tips Liburan Tanpa Batal Puasa

 

Ingatlah, keselamatan selama berkendara adalah hal yang paling penting. Jangan pernah mengabaikan tanda-tanda mengantuk saat berkendara. Selalu utamakan istirahat dan keselamatanmu, serta pengguna jalan lainnya









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp