Kenapa Ibadah Haji dan Umrah Termasuk Ibadah yang Dianjurkan ?

By. Ibnu Fikri Ghozali - 21 Nov 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Pemikiran bahwa ibadah haji dan umrah hanya membuang-buang uang dan termasuk pemborosan adalah pemikiran yang salah. Ada beberapa alasan yang dapat menunjukkan bahwa ibadah haji dan umrah memiliki nilai dan manfaat yang besar:

 

Baca juga: Imam Nawawi: Perjalanan Kehidupan Seorang Ulama

 

1. Ibadah Haji dan Umrah Hanya Diwajibkan Bagi Mereka yang Mampu:

Ibadah haji dan umrah hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu, baik dari segi harta maupun fisik. Ini tidak termasuk pemborosan, karena Allah sendiri memerintahkan ibadah ini hanya bagi yang mampu. Jika seseorang tidak mampu, maka tidak diwajibkan. 

Allah Ta’ala berfirman, وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imran: 97)

 

2. Perintah dari Allah:

Ibadah haji dan umrah adalah perintah langsung dari Allah sebagai bentuk ibadah kepada-Nya. Sebagai hamba, kewajiban kita adalah patuh terhadap perintah Rabb semesta Alam.

 

3. Menghilangkan Kemiskinan:

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan bahwa ibadah haji dan umrah dapat menghilangkan kemiskinan. Ini menunjukkan bahwa ibadah ini membawa berkah dan manfaat, baik secara materi maupun spiritual.

 

Baca juga: Tuhfat al-Muhtaj: Sebuah Pandangan Mendalam pada Kitab Fiqih Karya Ibnu Hajar al-Haytami

 

4. Pahala dan Kebaikan: Ibadah haji dan umrah merupakan perintah Allah yang memiliki pahala besar di akhirat. Kebaikan dan manfaatnya tidak hanya terbatas pada kehidupan dunia, tetapi juga membawa kebahagiaan di akhirat.

 

 

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga." (Hadits Shahih)

 

5. Menghadirkan Ketenangan dan Kebahagiaan:

Ibadah haji dan umrah dapat membawa ketenangan dan kebahagiaan kepada hati seorang muslim. Mengingat Allah di tempat yang penuh berkah seperti Mekkah dan Madinah memiliki dampak positif terhadap kejiwaan.

 

Baca juga: Eksplorasi Keagungan Kitab Al-Umm dalam Hukum Islam

 

Penting untuk memahami bahwa ibadah haji dan umrah bukan sekadar pemborosan uang, melainkan suatu bentuk ketaatan kepada Allah dan pelaksanaan perintah-Nya. Ibadah ini memiliki nilai spiritual dan keberkahan yang tidak dapat diukur dengan materi semata.

Semoga pemahaman ini dapat membantu mengubah persepsi yang salah terkait ibadah haji dan umrah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp