4 Pengobatan Terlarang dalam Ajaran Islam, Hati-hati!!

By. Dewi Savitri - 21 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hia sobat batemuri!! Pengobatan telah menjadi naluri manusia ketika sakit melanda. Namun, dalam upaya untuk menyembuhkan diri, penting bagi umat Islam untuk memperhatikan larangan-larangan dalam Islam terkait pengobatan. Beberapa jenis pengobatan yang terlarang dalam Islam adalah sebagai berikut:

 

Baca Juga: Manfaat Bekam dan Hukumnya dalam Islam

 

1. Berobat ke Dukun

 

Dukun adalah individu yang mengklaim mengetahui hal-hal gaib. Termasuk dalam kategori dukun adalah paranormal, tukang ramal, ahli nujum, dan sejenisnya. Mendatangi dukun untuk berobat diharamkan dalam Islam. Hal ini didasarkan pada Al-Quran, hadis, dan ijma.

 

Allah dalam Al-Quran menyatakan bahwa Nabi Muhammad bukanlah seorang dukun. Mendatangi dukun berarti mengaku mengetahui hal-hal gaib yang bertentangan dengan ajaran Islam. Hadis Nabi juga mengancam dengan tidak diterimanya salat selama empat puluh hari bagi yang mendatangi dukun.

 

2. Berobat dengan Sihir

 

Sihir termasuk perbuatan haram dalam Islam. Terdapat larangan yang tegas terkait sihir dalam Al-Quran dan hadis. Sihir merupakan dosa besar yang membinasakan. Pengagungan kepada selain Allah, klaim mengetahui hal-hal gaib, dan praktik-praktik yang melanggar prinsip tauhid termasuk dalam perbuatan sihir.

 

Baca Juga: Awas Musyrik!! Ini Dia Hukum Percaya Dukun dalam Islam

 

3. Memakai Jimat untuk Berobat atau Menangkal Penyakit

 

Menggunakan jimat sebagai cara untuk menyembuhkan atau melindungi diri dari penyakit adalah perbuatan terlarang dalam Islam. Nabi Muhammad melarang penggunaan jimat sebagai penangkal penyakit. Hal ini dianggap sebagai syirik karena menempatkan keselamatan pada benda-benda tertentu.

 

4. Berobat dengan yang Haram

 

Dalam pengobatan, seorang dokter Muslim harus menjauhi obat-obatan yang diharamkan oleh syariat. Menggunakan obat yang mengandung alkohol atau zat memabukkan lainnya adalah dilarang dalam Islam. Allah tidak menjadikan kesembuhan bagi manusia pada hal-hal yang diharamkan.

 

Dalam rangka mencari pengobatan, seorang Muslim harus berhati-hati untuk tidak terjerumus dalam pengobatan yang bertentangan dengan ajaran Islam. Pengobatan yang mengandung unsur-unsur larangan agama dapat membahayakan iman seseorang dan membatalkan tauhidnya.

 

Baca Juga: Ini Dia Hukum Pembayaran Paylater dalam Islam Menurut Ulama

 

Dalam mengejar kesembuhan, umat Islam disarankan untuk mencari pengobatan yang sesuai dengan ajaran Islam. Memilih pengobatan yang halal dan sesuai syariat merupakan langkah penting untuk menjaga ketaatan kepada Allah dan menjauhi larangan-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp