7 Langkah Bertawasul Untuk Dekatkan Diri pada Allah SWT

By. Dewi Savitri - 21 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Tata cara tawasul dalam agama Islam adalah suatu proses spiritual yang mengikuti serangkaian langkah-langkah yang mengarahkan individu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui perantara tertentu. Berikut adalah panduan umum mengenai tata cara melakukan tawasul:

 

Baca Juga: Dapatkan Syafaat dengan Sholawat, Ini Dia 10 Keutamaannya

 

1. Niat yang Tulus dan Ikhlas

 

Sebelum memulai tawasul, penting untuk menyadari dan meneguhkan niat dalam hati bahwa tujuan dari tawasul adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan bantuan perantara yang dipilih.

 

2. Bersuci

 

Lakukan wudhu (bersuci) seperti yang biasa dilakukan sebelum ibadah lainnya. Ini merupakan persiapan penting sebelum mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam doa.

 

3. Membaca Basmalah

 

Sebelum membaca doa tawasul, bacakanlah basmallah untuk memulai dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

 

4. Membaca Doa Tawasul dengan Khushu'

 

Bacakanlah doa tawasul dengan penuh khushu' (konsentrasi dan khusyuk), merujuk kepada perantara yang kamu pilih. Doa ini berfungsi sebagai penghubung spiritual antara diri kamu dan Allah SWT melalui perantara yang dihormati.

 

Baca Juga: Hilangkan Kesedihan, Ini Dia 8 Manfaat Mendengar Sholawat dalam Islam

 

5. Berzikir dan Berdoa

 

Setelah membaca doa tawasul, lanjutkan dengan berzikir (mengingat Allah) dan berdoa kepada-Nya dengan mengutarakan permohonan secara pribadi.

 

6. Berdoa untuk Kebaikan Semua

 

Sebelum mengakhiri tawasul, berdoalah untuk kebaikan semua umat manusia serta memohon berkat bagi mereka. Ini mencerminkan kesadaran akan hubungan sesama manusia dalam praktik spiritual ini.

 

7. Bersedekah dan Berbuat Baik

 

Setelah berdoa, pertimbangkan untuk bersedekah atau melakukan amal kebaikan sebagai bentuk rasa syukur dan kebaikan kepada sesama.

 

Tata cara ini adalah panduan umum yang dapat diikuti dalam praktik tawasul. Bagi yang ingin melaksanakan tawasul, penting untuk memahami doa-doanya dengan baik. Doa-doa yang disebutkan merupakan contoh yang bisa dijadikan panduan dalam berdoa dan merujuk kepada perantara tertentu.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa praktik tawasul sebaiknya selalu diarahkan kepada Allah SWT, dan perantara hanyalah sarana atau wasilah untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Pastikan bahwa praktik tawasul yang dilakukan selaras dengan ajaran agama Islam yang benar dan nilai-nilai yang dianut.

 

Baca Juga: Dasar Hukum dan Jenis-jenis Tawasul dalam Islam

 

Jika ada keraguan atau kebingungan tentang praktik tawasul dalam konteks agama Islam, sangat dianjurkan untuk berdiskusi dengan seorang ulama atau tokoh agama yang dapat memberikan penjelasan yang lebih mendalam sesuai dengan ajaran Islam yang benar.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp