8 Medical Kit yang Harus Kamu Persiapkan Untuk Traveling

By. Dewi Savitri - 22 Nov 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Saat merencanakan perjalanan, persiapan bukan hanya tentang barang-barang pribadi atau persediaan makanan, tetapi juga perlengkapan medis yang dapat menjadi penyelamat dalam situasi darurat. Medical kit atau tas medis adalah komponen yang tak boleh diabaikan saat bepergian. Berikut ini adalah daftar perlengkapan medis yang penting untuk dibawa saat melakukan perjalanan:

 

Baca Juga: Males Antree?? Ini Dia 4 Tips Agar Koper Bagasi Keluar Duluan

 

1. Obat Khusus Resep Dokter

 

Pastikan untuk membawa obat-obatan sesuai dengan resep dokter dan dalam jumlah yang mencukupi untuk durasi perjalanan. Simpan obat-obatan secara terpisah dan pastikan untuk membawa resep dokter sebagai pengaman jika memerlukan obat tambahan di sana.

 

2. Obat-obatan Penting untuk Kondisi Darurat

 

Selain obat khusus resep dokter, bawa pula beberapa jenis obat umum seperti pereda nyeri (parasetamol, ibuprofen), obat diare, obat mabuk perjalanan, dan obat flu untuk mengantisipasi kondisi darurat yang mungkin terjadi selama perjalanan.

 

3. Peralatan Medis Dasar

 

Plester, perban, gunting medis, pembalut kasa, dan selotip merupakan perlengkapan dasar untuk luka ringan atau lecet yang mungkin terjadi saat berpergian. Juga, jangan lupa membawa antibiotik dan krim antiseptik untuk mencegah infeksi.

 

4. Pembersih Tangan

 

Selalu bawa pembersih tangan yang mengandung minimal 60% alkohol untuk menjaga kebersihan tangan terutama saat tidak ada akses ke sumber air saat berpergian.

 

Baca Juga: 8 Tips Rawat Kulit Agar Tetap Sehat saat Camping

 

5. Tabir Surya

 

Perlindungan dari sinar UV adalah penting, terutama saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Pastikan untuk membawa tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

6. Perlindungan dari Nyamuk

 

Bawa pakaian pelindung seperti celana panjang, kemeja lengan panjang, dan obat nyamuk yang mengandung 10-20% DEET untuk melindungi dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit.

 

7. Termometer Digital

 

Membawa termometer digital dapat membantu dalam memantau suhu tubuh, terutama jika bepergian bersama anak-anak yang mungkin tidak nyaman dengan termometer standar.

 

8. Obat Tambahan dan Suplemen

 

Selain obat-obatan dasar, bawa juga suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan.

 

Baca Juga: 7 Tips Cuci Pakaian Anti Ribet saat Traveling

 

Perlengkapan medis ini sangat penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan kondisi kesehatanmu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter atau apoteker mengenai perlengkapan medis yang tepat sesuai dengan tujuan dan durasi perjalananmu. Dengan membawa medical kit yang lengkap, kamu dapat lebih siap menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi selama liburan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp